Sharp Perkuat Pangsa Pasar Produk Smart Home

Asistant General Marketing Communication PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Agus Soewadji dan Branch Manager SEID Cabang Surabaya, Henry Santoso di sela kegiatan pameran ’50 Years in Harmony Roadshow’ di Surabaya, Sabtu (31/8/2019)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com) PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) akan memperkuat pangsa pasar perangkat elektonik rumah tangga pintar (smart home apliances) dengan terus melakukan inovasi guna memenuhi tren gaya hidup digital sekaligus mempertahankan dominasi di pasar elektronik kedepan.

Asistant General Marketing Communication PT Sharp Electronics Indonesia, Agus Soewadji, menyatakan dunia akan berubah ke era digital dan gaya hidup orang Indonesia kedepan, tak terkecuali yang berkaitan dengan urusan rumah tangga, akan mengarah ke gaya hidup digital. Kaum milenial yang sekarang sudah banyak bersentuhan dengan aplikasi digital dan kelak menjadi konsumen potensial tentunya akan menginginkan perangkat rumah tangga elektronik yang canggih dan menunjang gaya hidup digital mereka. "Produk smart home akan menjadi pilihan dan kita sudah menyiapkannya sesuai kebutuhan life style digital kedepan," kata Agus Soewadji di sela kegiatan pameran '50 Years in Harmony Roadshow' di Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

Agus menjelaskan beberapa inovasi perangkat rumah tangga canggih yang telah diciptakan Sharp diperkenalkan ke konsumen, termasuk di Surabaya. Diantaranya adalah produk AC Iot. Perpaduan Artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) yang melengkapi perangkat AC tersebut bertujuan untuk menangkap dan memahami aktivitas rutin konsumen terutama kaum milenial serta mengendalikan AC dengan lebih pintar. "Berbekal ponsel pintar dan aplikasi konsumen dapat dengan mudah mengakses AC di rumah dan mengatur temparatur hingga kelembaban udara kapan pun dan di mana pun," tandas Agus.

Di jajaran produk smart home baru lainnya adalah peranti elektonik untuk memasak, Healsio Automatic Cookware. Fitur Automatic Heat pada peranti tersebut mampu mengatur tingkatan panas dalam memasak yaitu tinggi, sedang dan rendah. Pengaturan ini dapat berjalan karena adanya sensor yang dibenamkan di dalam produk itu, yaitu Steam Sensor dan Temperatur Sensor. Kedua sensor itu itu mampu mendeteksi jenis makanan guna menghindari masakan hangus dan meluap serta melindungi makanan dari bakteri dan jamur. "Kita akan terus berinovasi dan memperkuat pangsa pasar produk smart home. Kami yakin strategi ini akan mempertahankan posisi kita sebagai market leader di pasar elektronik Indonesia,” tandas Agus.

Agus menambahkan, selain inovasi produk, inovasi pendekatan pasar juga dilakukan karena era digital telah mendorong perubahan tren kebutuhan konsumen terhadap perangkat elektoronik rumah tangga. Ia membandingkan penjualan penjualan produk elektronik televisi dulu dan sekarang. "Kalau dulu penjualan TV menduduki peringkat pertama dengan komposisi terbesar, karena setiap kamar satu TV. Namun saat ini, televisi berada di peringkat ketiga setelah mesin cuci dan AC karena satu rumah cukup satu unit TV,” katanya.

Branch Manager PT Sharp Electronics Indonesia Cabang Surabaya, Henry Santoso, mengungkapkan minat konsumen di Surabaya terhadap produk yang mendukung tren gaya hidup digital cukup tinggi, seperti AC Iot, air purifier, peranti untuk memasak dan lainnya. Prasarana di kota Surabaya cukup menunjang operasional perangkat canggih itu seperti internet, wifi dan jarigan yang sangat bagus. "Kami yakin kedepan produk smart home ini akan semakin diminati sehingga akan meningkatkan pangsa pasar kita secara keseluruhan di Surabaya,” kata Henry.

Henry menambahkan, sejauh ini kontribusi Surabaya terhadap total penjualan Sharp di Indonesia sebesar 10 persen. “Dengan diluncurkannya peranti smart home di jajaran produk Sharp, kontribusi kontribusi penjualan kita bisa diatas 10 persen dengan pertumbuhan yang juga lebih besar dari target tahun ini sebesar 30 persen,” papar Henry. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Sharp Perkuat Pangsa Pasar Produk Smart Home. Please share...!

Back To Top