Gain Connex, Wujud Kolaborasi Ekonomi Digital Indonesia dan Malaysia

Malaysia Digital Economic Cooperation (MDEC) dan Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade) menyelenggarakan program Global Acceleration and Innovation Network (Gain) Connex, di Jakarta


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perekonomian dan bisnis saat ini semakin berkembang ke arah digital. Kalangan pelaku bisnis memaksimalkan penggunaan internet, basis data secara digital, hingga otomatisasi produksi. Indonesia sendiri merupakan pasar yang menjanjikan, sekaligus pemain penting dalam perkembangan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara. Melihat perkembangan ini, Malaysia Digital Economic Cooperation (MDEC) dan Malaysia External Trade Development Corporation (Matrade) menyelenggarakan program Global Acceleration and Innovation Network (Gain) Connex Jakarta 2019, dalam rangka menginisiasi kerja sama antara perusahaan-perusahaan Malaysia dengan Indonesia.

Trade Commissioner Matrade, Har Man Ahmad, mengatakan, program ini menjadi titik temu antara para perusahaan-perusahaan Malaysia dan Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan dan analisa pasar saat ini. "Saya percaya Gain Connex Jakarta 2019 dapat membuka akses penghubung antara perusahaan Malaysia dan Indonesia, terlebih setelah melihat perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi terhubung dengan baik dengan rekan-rekan dari Indonesia,” ujar Har Man Ahmad, Selasa (1/10/2019).

Menurut Har Man Ahmad, tahun ini program Gain Connex berfokus pada lima bidang, yaitu teknologi cloud, teknologi mobile, analitics, kecerdasan buatan dan internet of things (IoT). "Perusahaan-perusahaan asal Malaysia yang memiliki keahlian di bidang tersebut berpeluang besar melakukan ekspansi ke Indonesia. Pasalnya, kelima bidang tersebut menjadi tren yang berkembang dalam dunia digital di Indonesia saat ini,” jelasnya.

Melalui kegiatan bussines meeting, kata Har Man Ahmad, Gain Connex juga mengorganisir pertemuan dengan pihak-pihak dari Indonesia. "Adapun pihak yang terlibat tidak hanya pemain ekonomi digital saja, tetapi meliputi pihak pemberi modal, tenaga konsultasi hukum, perpajakan, pengelolaan SDM, hingga startup,” tambahnya.

Har Man Ahmad menambahkan, Indonesia dan Malaysia telah lama bekerja sama dalam mengembangkan ekonomi kedua negara. Kerja sama bilateral ini, juga sangat penting dan berpengaruh besar dalam perkembangan ekonomi di Asia Tenggara. "Saya yakin pemerintahan kedua negara akan mendukung penuh pihak-pihak yang akan bekerja sama. Sebabnya, baik pemerintah maupun pihak swasta akan mendapat keuntungan dari kerja sama ini,” pungkas Har Man Ahmad. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Gain Connex, Wujud Kolaborasi Ekonomi Digital Indonesia dan Malaysia. Please share...!

Back To Top