Hipmi Jaya Gandeng APPI Kembangkan Bisnis Pesepak Bola

Ketua Panitia Hipmi Jaya Soccer cup 2019, Ichsan Rachmansyah Sofyan (kiri), Ketua Badan Pengurus Daerah Hipmi Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla (tengah), dan General Managar APPI Ponaryo Astaman. Hipmi Jaya dan Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) menjalin kerja sama pelatihan bisnis bagi pesepak bola nasional


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (HIPMI Jaya) dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) menjalin kerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan pesepak bola nasional.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jaya, Afifuddin Suhaeli Kalla, mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah awal dari rangkaian program yang akan disiapkan pihaknya bersama APPI. "Bentuk kerja samanya lebih kepada saling berbagi pengalaman kepada pesepak bola nasional untuk menjadi pengusaha," kata Afifuddin Suhaeli Kalla di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Pria yang akrab disapa Afie ini menambahkan, sejumlah pesepak bola nasional yang bergabung dengan APPI seperti Firman Utina, Bima Sakti, Marcus Horison, Kurniawan Dwi Yulianto, Firmansyah, Indiryanto Nugroho, sejatinya sudah memiliki nama, sehingga untuk mendirikan usaha sebenarnya tidak menjadi masalah. Melalui kerja sama ini, Hipmi Jaya ingin berbagi ilmu mengenai kewirausahaan kepada kalangan pesepak bola, untuk menghadapi masa pensiun kelak. "Kita ingin muncul pengusaha baru dari kalangan pesepak bola nasional. Kalau mau membuat kafe dengan nama mereka sebenarnya sudah menjual, mungkin ini bisa kita diskusikan apa yang saja yang diperlukan untuk memulai usaha," tandas Afie.

General Manager APPI, Ponaryo Astaman, mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama ini, mengingat karier pemain sepak bola itu sangat singkat. Tentunya harus ada karier kedua yang harus dipersiapkan. Sehingga, saat masa transisi antara usia produktif sampai pensiun nanti, mereka telah banyak menimba pengalaman. Rata-rata aset pemain sepak bola setelah pensiun itu sudah lebih dari cukup, namun memang membutuhkan pengelolaan yang benar agar lebih bermanfaat. "Melalui kerja sama ini, selain mereka mendapat sumber pendapatan dengan berprofesi menjadi pelatih juga bisa dari sumber-sumber lain. Setidaknya ada alternatif karier untuk masa depan pesepak bola," kata Ponaryo. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Hipmi Jaya Gandeng APPI Kembangkan Bisnis Pesepak Bola. Please share...!

Back To Top