Pendidikan Vokasi Ciptakan SDM Unggul di Sektor Migas

Rektor Universitas Pertamina Prof. Akhmaloka, Ph.D


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Indonesia dalam lima tahun ke depan memiliki agenda utama mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing global.

Di sektor industri minyak dan gas bumi (migas), Indonesia masih membutuhkan tenaga terampil yang siap ditempatkan di kilang lepas pantai dan darat serta di industri hulu maupun hilirnya. Hal ini dapat dipenuhi dengan menghadirkan lembaga pendidikan vokasi yang berkualitas dan mampu mencetak lulusan yang siap kerja di industri minyak dan gas bumi. Demikian salah satu benang merah Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Universitas Pertamina, di Jakarta Selasa (14/10/2019) dengan tema Policy and Strategy for Developing Skilled Employees Through Vocational Education and Training.

Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka mengatakan sebagai wujud dukungan terhadap program besar Indonesia tersebut, Universitas Pertamina mendukung pendirian lembaga pendidikan vokasi. "Langkah ini untuk memenuhi kebutuhan SDM yang unggul dan terampil," kata Akhmaloka dalam acara FGD.

Dia menjelaskan kurikulum pendidikan di Indonesia sudah baik. Demikian halnya lulusan perguruan tinggi siap untuk dipakai. Namun pelaku industri ternyata tidak bisa langsung menerima lulusan perguruan tinggi dan diploma untuk bekerja. "Untuk itu diperlukan link and match pendidikan di intitusi pendidikan dengan kebutuhan industri," kata Akhmaloka.

FGD menghadirkan sejumlah pembicara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Ketenagakerjaan, PT Pertamina (Persero), Sinar Mas, Asosiasi Pengusaha Indonesia, Akashi College Jepang dan Yayasan Budha Tzu Chi. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pendidikan Vokasi Ciptakan SDM Unggul di Sektor Migas. Please share...!

Back To Top