Efisien dan Terpercaya dengan Tanda Tangan Elektronik

Penggunaan tanda tangan elektronik telah resmi diumumkan pada saat launching penyelenggara sertifikasi elektronik dan promosi tanda tangan elektronik di Hotel Merlynn Park, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Bagi masyarakat yang belum familiar dengan tanda tangan elektronik mungkin mempertanyakan, apakah tanda tangan elektronik ini mempunyai payung hukum? Apakah terpercaya untuk urusan bisnis maupun surat menyurat lainnya? Dan apakah tanda tangan elektronik ini aman? Mari temukan jawabannya.

Pertama, tanda tangan elektronik mempunyai kesamaan fungsi dengan tanda tangan basah, yaitu memberikan kekuatan hukum bagi dokumen elektronik. Keterangan tersebut berdasar pada Undang-Undang (UU) No. 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). UU ini mengatur sistem pembuktian dari informasi, dokumen, dan tanda tangan elektronik yang secara rinci dituangkan dalam Pasal 5 sampai Pasal 12. Undang-undang tersebut merupakan langkah pemerintah dalam mengantisipasi era digital yang berkembang di negara ini.

Di era digital dengan tiga ciri, yaitu tanpa tatap muka, tanpa kertas, dan tanpa uang fisik ini memerlukan pengamanan agar tidak terjadi praktek-praktek manipulasi dalam transaksinya. Sebagaimana fungsi tanda tangan basah yaitu membuat sebuah dokumen bisa dipercaya dan menjamin isi di dalamnya, demikian juga fungsi tanda tangan elektronik ini, menjamin sebuah dokumen elektronik untuk dapat dipertanggung jawabkan isi di dalamnya. Sementara dari sisi pelayanan kepemerintahan, kedepan jumlah pegawai negeri sipil tidak semakin banyak, namun sepertinya tidak sebanding dengan jumlah penduduk, karena itu pemerintah harus melakukan digitalisasi agar pelayanan masyarakat menjadi lebih efisien.

Keterangan di atas mungkin cukup memberikan Anda rasa aman akan tanda tangan elektronik. Namun, tahukah Anda siapa saja yang sudah menggunakannya? Dirjen Pajak, LPSE, Kementerian Dalam Negeri, BKN, KPK, Kemenristekdikti, dan Kominfo sendiri merupakan institusi-institusi yang telah menggunakan tanda tangan elektronik untuk mengesahkan keputusan-keputusan ataupun perijinan di internal. Tanda tangan elektronik yang digunakan di sini adalah tanda tangan elektronik tersertifikasi, karena ada juga tanda tangan elektronik yang tidak tersertifikasi. Tersertifikasi artinya tanda tangan elektronik tersebut dipunyai oleh seseorang yang identitasnya terverifikasi oleh penyelenggara sertifikasi elektronik resmi.

Teknologi yang digunakan untuk memenuhi fungsi tanda tangan ini sebagaimana mestinya adalah Public Key Infrastructure yang akan menjaga keamanan data atau konten pada sebuah dokumen, memastikan keaslian data maupun pengirimnya dan mencegah penyangkalan.

Lalu, apakah masyarakat bisa mendapatkan tanda tangan elektronik tersertifikasi? Tentu saja bisa. Pemerintah dalam hal ini Kominfo sedang menyiapkan sebuah ekosistem yang terdiri dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) yang menyediakan layanan tanda tangan elektronik, lembaga pengawas PSrE, dan tentu saja kominfo sendiri sebagai PSrE Induk yang memberikan ijin dan mengawasi semua PSrE di Indonesia. Untuk Aparatur Sipil Negara bisa mendapatkan tanda tangan elektronik dari PSrE instansi penyelenggara negara, sedangkan untuk masyarakat umum bisa mendapatkan dari PSrE non instansi penyelenggara negara. Daftar PSrE yang sudah diakui oleh Pemerintah.

Belum cukup dengan semua itu? Tenang, karena tanda tangan elektronik masih memberikan manfaat lain untuk para pengguna. Anda tidak perlu menunggu sehari semalam untuk dokumen yang dikirim dari luar daerah hanya untuk ditandatangani. Cukup beberapa menit dengan tanda tangan elektronik, dan Anda bisa menghemat waktu dan biaya. Masih ada lagi, pengguna tanda tangan elektronik juga akan berperan dalam penyelamatan lingkungan. Bayangkan jika setiap pegawai tak lagi menghabiskan tiga ratus lembar kertas per tahun untuk tanda tangan, maka kita akan meyelamatkan seratus tujuh puluh juta hektar hutan yang diprediksi akan habis pada 2030 jika penggunaan kertas tidak dikurangi. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Efisien dan Terpercaya dengan Tanda Tangan Elektronik. Please share...!

Back To Top