Genjot Dana Murah, Bank Gencar Gelar Kegiatan Literasi Bagi Generasi Muda

Literasi keuangan bagi pelajar merupakan salah satu strategi bank dalam mempertebal jumlah dana murah 


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Persaingan bank dalam merebut dana murah kian ketat. Segala jurus pun ditempuh demi memikat hati penabung. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk salah satu yang giat melakukan inovasi dalam mengumpulkan dana pihak ketiga. Segala segmen nasabah ritel pun dikejar, termasuk potensi dari penabung pemula maupun atau pelajar. Pada segmen ini BTN menawarkan tabungan “SimPel” atau Simpanan Pelajar. Tabungan SimPel Bank BTN merupakan tabungan yang memiliki karakteristik persyaratan sederhana, seperti bebas biaya administrasi. setoran awal Rp 5.000 dan lanjutan Rp 1.000.

“Tahun ini kami menargetkan dana ritel dari SimPel mencapai Rp 76 miliar dari sekitar 632.045 rekening, atau naik Rp 14,5 miliar dibandingkan tahun 2018 lalu,” kata Direktur Consumer Banking Bank BTN, Budi Satria di Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Adapun posisi saat ini, jumlah rekening SimPel Bank BTN mencapai 665.798 rekening dengan nilai DPK sebesar kurang lebih Rp 74 miliar. Produk tabungan bagi pelajar yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2015 tersebut, menjadi bagian dari produk tabungan yang gencar dipromosikan BTN lewat beragam cara, diantaranya program kerjasama Gramedia Science Day yang digelar di Jakarta dan Jawa Timur. "Kami berkomitmen mendukung literasi keuangan para generasi muda, dan berkontribusi aktif dalam program OJK yaitu one student one account atau satu pelajar satu rekening, karena itu kami mendukung acara-acara yang melibatkan pelajar yang aktif seperti dalam Science Day,” kata Budi.

Dalam program kerjasama Gramedia Science Day 2019, Bank BTN menawarkan program menarik, diantarnya program Diskon biaya pendaftaran sebesar 20% atau Rp 50.000 apabila peserta melakukan pembayaran menggunakan kartu debit/ATM BTN SimPel dan diskon yang sama untuk peserta yang membuka rekening SimPel pada saat promosi di sekolah. Tidak hanya itu, Bank BTN juga memberikan hadiah tabungan BTN SimPel bagi pemenang Gramedia Science Day dengan total hadiah senilai Rp 19.900.000.

Tabungan SimPel merupakan salah satu produk perbankan yang digagas OJK untuk memperluas literasi keuangan ke generasi muda,selain SimPel, OJK juga memprakarsai tabungan SiMuda. Khusus SiMuda yang membidik kalangan mahasiswa, Bank BTN meracik tabungan SiMuda Rumahku, program tabungan berencana yang memiliki fitur khusus untuk mempersiapkan biaya kepemilikan rumah.

Sebagai informasi per Agustus 2019, DPK total baik konvensional maupun syariah Bank BTN sudah terkumpul di atas Rp 231,8 triliun atau sekitar 95% dari target tahun ini. Khusus untuk DPK dari BTN Konvensional, per Agustus 2019 Bank berkode saham BBTN ini memupuk DPK total sekitar Rp 209,2 triliun, atau tumbuh 19,2 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 175,5 triliun. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Genjot Dana Murah, Bank Gencar Gelar Kegiatan Literasi Bagi Generasi Muda. Please share...!

Back To Top