Pengguna Sistem IBM i Tumbuh Signifikan di Industri Perbankan

Q2 Technologies bekerja sama dengan HelpSystems, mengadakan 'IBM i User Forum: Rethinking Security on IBM i' di Jakarta, Jumat (8/11/2019)

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Keamanan siber merupakan salah satu hal yang menjadi fokus utama dalam bisnis saat ini. Hal tersebut semakin terlihat dari seberapa besarnya kerugian yang dapat dialami oleh perusahaan karena kurangnya perhatian dalam aspek keamanan teknologi informasi (TI).

Beberapa kasus ransomware dan pembobolan data bukan hanya harus diperlakukan sebagai peringatan kepada industri bisnis, tetapi juga sebagai pelajaran bahwa keamanan seharusnya menjadi prioritas dalam bisnis. Standar keamanan yang tinggi bahkan diaplikasikan kepada sistem platform seperti IBM Power i System. IBM i User Forum: Rethinking Security on IBM i yang diadakan oleh Q2 Technologies dan HelpSystems, merupakan ajang untuk membahas pentingnya keamanan dalam sistem IBM i, terutama di industri perbankan. Q2 Technologies dan HelpSystems, merupakan dua perusahaan yang memiliki reputasi tinggi dalam dunia keamanan siber.

Vice President of Global Security Services HelpSystems, Carol Woodbury, mengungkapkan, di industri perbankan, IBM i merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki keamanan sangat tinggi. Namun, hal itu saja tidak cukup. "Serangan siber merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Kriminal-kriminal siber berkembang semakin canggih, begitu pula dengan jenis-jenis ancaman dan serangan baru. Ancaman itu berlaku untuk sistem IBM juga," kata Carol Woodbury, Jumat (8/11/2019).

Carol yang berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam dunia keamanan TI menjelaskan, terdapat perbedaan yang sangat signifikan mengenai keamanan sistem yang diterapkan dengan tujuan untuk mengamankan, serta sistem yang sekedar ditujukan untuk memenuhi regulasi (compliance). "Suatu sistem tidak akan pernah aman hingga Anda benar-benar mengamankannya. Sistem IBM i memiliki rancangan keamanan yang kompleks sehingga membutuhkan solusi sepadan untuk mengelola perlindungan sistem tersebut," tandas Carol.

HelpSystems sendiri memiliki perhatian khusus dalam keamanan sistem IBM i melalui solusi-solusi yang dirancang khusus untuk sistem IBM i, seperti Powertech Command Security, Powertech Exit Point Manager, Powertech SIEM Agent, yang mana mendukung fungsi seperti identifikasi, monitoring, perlindungan data, dan lainnya.

Presiden Direktur Q2 Technologies, Sumarto Santosa, juga mengungkapkan antusiasmenya terkait kerja sama dengan HelpSystems dan dilihatnya jumlah penggunaan sistem IBM i yang tumbuh signifikan di industri perbankan. "Demi mengurangi risiko-risiko yang ada dan membantu organisasi-organisasi menghadapi tantangan keamanan siber yang terus berkembang, Q2 Technologies sebagai mitra yang dipercaya oleh HelpSystems bersama-sama memperkenalkan kepada Indonesia solusi komprehensif yang bersifat preventif dan kuratif, yang terdapat dalam Powertech dalam menunjang operasional industri perbankan," tandas Sumarto. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Pengguna Sistem IBM i Tumbuh Signifikan di Industri Perbankan. Please share...!

Back To Top