Stabilkan Harga Pangan, Bulog Gandeng Aprindo

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey (kiri) dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (kanan) menunjukkan MOU yang sudah ditandatangani keduanya. Penandatangan itu disaksikan oleh Menteri Perdagangan Indonesia, Agus Suparmanto (paling kanan)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perum Bulog menjalin kerja sama dengan Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) terkait penyediaan beras dan komoditi pangan pokok bagi konsumen dengan harga sesuai ketentuan pemerintah. Beras yang digunakan adalah cadangan beras pemerintah dan komoditi komersial lain dalam rangka stabilisasi harga pangan. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dan Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey di Hotel Arya Duta yang turut disaksikan oleh Menteri Perdagangan Indonesia, Agus Suparmanto.

Budi Waseso atau biasa dipanggil Buwas mengatakan melalui pelaksanaan kerja sama antara Perum Bulog dengan Aprindo ini, nantinya diharapkan agar seluruh proses dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan komoditi pangan pokok bagi masyarakat melalui Aprindo dapat ditangani secara baik dengan memanfaatkan kompetensi dari kedua belah pihak. "Hal ini sangat penting untuk mendukung upaya pemerintah dalam meredam gejolak harga pangan yang tercermin dari stabilnya tingkat inflasi nasional khususnya inflasi bahan pangan,” ujar dia saat di sela-sela Munas Aprindo di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dengan jumlah jaringan gudang mencapai lebih dari 1.400 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Bulog telah menjadi bagian dari kekuatan nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dalam hal ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga. Di sisi lain, Aprindo yang beranggotakan 150 perusahaan ritel dengan 45.000 gerai yang tersebar di 30 provinsi seluruh Indonesia, memiliki peran penting dalam menjaga keamanan distribusi barang dan stabilisasi harga khususnya yang rentan akan fluktuasi harga.

Ketua Umum Aprindo, Roy N Mandey mengaku percaya bahwa sinergi antara Perum Bulog dengan Aprindo akan membawa manfaat besar bagi seluruh masyarakat di Indonesia, utamanya dalam hal penyediaan komoditi pangan berkualitas dengan harga terjangkau. “Mari kita terus dukung upaya-upaya untuk lebih mendekatkan produk-produk komoditi pangan Bulog kepada masyarakat melalui jaringan ritel Aprindo," ujar Roy.

Ia berharap kerja sama yang dirintis oleh Perum Bulog dan Aprindo ini dapat memberikan manfaat positif bagi terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan nasional. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Stabilkan Harga Pangan, Bulog Gandeng Aprindo. Please share...!

Back To Top