Investor Diminta Lebih Cermat Berinvestasi Reksa Dana

Direktur Eksekutif APRDI, Mauldy Rauf Makmur


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) menggelar bincang dengan Media di kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, Kamis (19/12/2019). Hal ini terkait isu miring keamanan dan investasi bodong yang berkedok reksa dana yang beredar di masyarakat.

Direktur Eksekutif APRDI Mauldy Rauf Makmur mengatakan, reksa dana adalah produk investasi yang diatur dan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi peluangnya sangat kecil untuk terjadi penyimpangan. Sebab kami bersama OJK melakukan pengawasan penuh terhadap investasi reksa dana.

Untuk menghindari penipuan berkedok investasi reksa dana, Mauldy berpesan agar para calon investor harus membaca dan memahami dengan baik dokumen keterbukaan informasi reksa dana, berupa prospektur dan laporan bulanannya. Jika calon investor membeli reksa dana melalui agen penjual, maka wajib di cek lebih dulu ijin OJK-nya. Dan yang terpenting jangan mudah tergoda dengan janji-janji penawaran yang menggiurkan. Apabila ada tawaran investasi yang mencurigakan, calon investor dapat melaporkan kepada call center OJK di nomor 157.

Mauldy menambahkan, dalam rangka menyikapi pemberitaan di media terkait dengan permasalahan yang dialami oleh reksa dana dan manager investasi yang berujung pada pengenaan sanksi OJK. APRDI mendukung langkah langkah yang telah dilakukan OJK dalam hal penegakan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena hal ini selaras dengan tujuan dewan APRDI yaitu menciptakan pertumbuhan industri yang sehat dan berkesinambungan.

APRDI berharap permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini tidak menyurutkan minat investor untuk tetap berinvestasi melalui reksadana sebab masih banyak reksa dana yang dikelola dan dipasarkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengedepankan aspek integritas dan profesionalisme, serta menerapkan prinsip manajemen resiko yang kuat. Meski investasi di Indonesia dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dunia, namun pertumbuhan minat investasi akan terus meningkat. (dri)
Labels: indonesiaterkini.com, investor diminta lebih cermat berinvestasi reksa dana

Thanks for reading Investor Diminta Lebih Cermat Berinvestasi Reksa Dana. Please share...!

Back To Top