OJK Terus Dorong Perusahaan untuk Go Public

Indonesia Public Companies Award 2019 “Shaping Excellence Through Adaptation” di Jakarta, Senin (16/12/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan untuk menjadi perusahaan terbuka (go public) dan tercatat di Bursa Efek Indonesia. Pasalnya dengan menjadi emiten, maka secara good corporate governance (GCG) akan lebih baik.

"Dengan jadi perusahaan publik gampang diingatkan. Kami harapkan jangan bagusnya saja, tetapi kesalahan juga," kata Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK Muhammad Maulana di Indonesia Public Companies Award 2019 “Shaping Excellence Through Adaptation” di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Mengenai capaian emiten di pasar modal, di 2019 sudah ada penambahan 60 emiten. Di mana, secara nilai emisi, kata ia, pada tahun 2018 telah mencapai Rp 165 triliun dan diharapkan tembus Rp200 triliun di 2019. Nilai emisi itu sudah mencakup saham, obligasi dan penawaran umum berkelanjutan. Selain itu, OJK, sambung Maulana memberikan izin kepada crowdfunding beroperasi. Baru dua crowdfunding yang beredar dan ada 12 yang mengantre mendapatkan izin. "Ini hal yang baru dan bertahap hingga tidak merugikan penerbitan saham dan lebih syariah," katanya.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berbagi pengalaman mengenai suka duka membangun perusahaan publik. "Kita harus buat pendapatan tumbuh, harus untung, harus punya terobosan produk lain. Pasar akan menarik. Orang akan hitung biaya dan itu tantangan berat sebagai perusahaan publik," katanya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading OJK Terus Dorong Perusahaan untuk Go Public. Please share...!

Back To Top