Parakerja Beri Aksesibilitas Karier Penyandang Disabilitas

Menggandeng Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pubisindo) dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), perusahaan platform kerja untuk Disabilitas Parakerja, meluncurkan aplikasi penunjang kemandirian penyandang disabilitas bernama Parakerja, di UnionSpace, Satrio Tower, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/12/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Menggandeng Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pubisindo) dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), perusahaan platform kerja untuk disabilitas Parakerja, meluncurkan aplikasi penunjang kemandirian penyandang disabilitas, di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

CEO Parakerja, Rezki Achyana, mengatakan, memiliki visi untuk membantu penyandang disabilitas dan non-disabilitas dalam meningkatkan aksebilitas dan kompetensi kerja menuju era industri 4.0, aplikasi platform berbasis web dan Android ini dibuat untuk memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan modul pembelajaran dan pelatihan kerja. "Dengan adanya aplikasi Parakerja para disabilitas serta non disabilitas akan mudah mendapatkan modul pembelajaran dan utama mengenai bahasa isyarat yang di Indonesia sendiri tidak ada lembaga ataupun tempat khusus untuk belajar bahasa isyarat baik offline apalagi online," kata Rezki Achyana.

Sebagai rekan digital untuk penyandang disabilitas dan non-disabilitas seperti keluarga penyandang disabilitas, guru SLB, HRD perusahaan, aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur unggulan yang tidak ada di aplikasi sejenis, seperti bahasa isyarat, dimana pengguna aplikasi bisa belajar bahasa tuli langsung dari penyandang disabilitas tuli, lengkap dengan isyarat per kata, contoh kalimat, dan latihan komunikasi. "Ada empat hal yang jadi fokus utama Parakerja yaitu aksesbilitas, edukasi, kreativitas dan pemberdayaan. Hanya saja, cuma untuk versi awal ini, kami berfokus di bahasa isyarat karena merupakan hal paling pokok dalam hal kesetaraan antara penyandang disabilitas dan non-disabiltas," imbuh Rezki Achyana.

Tidak hanya memberi modul pembelajaran, aplikasi Parakerja juga memberikan kesempatan magang dan bekerja bagi penyandang disabilitas dengan memberikan sertifikasi keahlian di suatu bidang kerja. "Hal ini, bertujuan agar kedepan para penyandang disabilitas mempunyai legalitas untuk bekerja di sebuah perusahaan," jelas Rezki.

Terhitung sejak aplikasi ini diluncurkan, perusahaan startup Parakerja telah berkolaborasi dengan 6 Sekolah Luar Biasa (SLB) yang tersebar di 5 kota di Indonesia termasuk yang terbaru adalah dengan SLB N 6 Jakarta untuk program digitalisasi SLB. Selain itu, Parakerja juga dalam momen ini menggandeng perusahaan virtual reality (VR) nasional, Millea Lab, untuk meningkatkan proses pembelajaran dan peningkatan kapabilitas difabel melalui teknologi VR dan AR. "Dengan diluncurkannya aplikasi ini, kedepan Parakerja berharap para penyandang disabilitas dapat mandiri secara ekonomi dan mencapai kesetaraan dalam pekerjaan serta kehidupan sehari-hari di masyarakat," tandas Rezki. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Parakerja Beri Aksesibilitas Karier Penyandang Disabilitas. Please share...!

Back To Top