Pemerintah Dorong IKM Perkuat Ekonomi Nasional

Staf Ahli Menperin bidang Komunikasi Masrokhan (memukul gong) resmi membuka "Gelar Multi Produk Asli Indonesia ++" di Jakarta Selasa (17/12/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Salah satu strategi pembangunan ekonomi dan industri di Indonesia yaitu memperkuat pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) yang memiliki masa depan menjanjikan dan bernilai tinggi. Salah satu upaya memperkuat adalah Kementerian Peridustrian menggelar pameran produk Industri Kecil Menengah (IKM) bertema ‘Gelar Multiproduk Asli Indonesia’ di Gedung Kemperin, Jakarta, pada 17-20 Desember 2019.

"Pameran ini sebagai upaya Kemperin untuk memfasilitasi IKM dalam bidang pemasaran, mengingat IKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional,” kata Staf Ahli Menteri Perindustrian bidang Komunikasi, Masrokhan pada acara pembukaan "Gelar Multi Produk Asli Indonesia ++" kerja sama Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA) dengan Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kemperin di Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Pameran yang mengangkat produk IKM dengan mengedepankan kesehatan, halal, dan ramah lingkungan itu menampilkan berbagai macam produk lokal, di antaranya makanan dan minuman, pakaian, fesyen, hingga kerajinan. Adapun para peserta pameran merupakan anggota dari Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA). Menurut data yang diolah dari Badan Pusat Statistik, unit usaha IKM nasional berjumlah 4,4 juta, dengan penyerapan tenaga kerja 10,1 juta orang. Masrokhan berharap, produk-produk unggulan IKM dapat diminati, dan dikembangkan para produsen lokal di Indonesia karena sarat dengan kreativitas, dan inovasi yang dikuatkan dengan desain dan teknologi.

"Potensi besar tersebut harus terus dikelola sesuai permintaan pasar sehingga mampu menghasilkan manfaat ekonomi yang besar," kata Masrokhan yang mewakili Menperin Agus Gumiwang.

Untuk itu kata dia, Kementerian Perindustrian, terus mendorong kemampuan pelaku industri yang sebagian besar merupakan IKM, agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing di tengah perubahan pasar. Sementara acara "Gelar Multi Produk Asli Indonesia ++" yang mengangkat tagline “Healthly, Halal and Go Green” menunjukkan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih makanan dan minuman. Masyarakat semakin menginginkan makanan disertai pola makan yang sehat, seperti menghindari pengawet makanan, bahan perisa, dan pewarna sintetis. "Hal ini menunjukkan peluang usaha yang besar," kata Masrokhan.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, berbicara mengenai makanan sehat tidak lepas dari faktor halal. Karena sehat dan aman dikonsumsi adalah syarat makanan dapat dikatakan halal. Tidak hanya makanan, tetapi seluruh produk yang memenuhi kebutuhan konsumen terutama muslim memerlukan syarat halal. Selain untuk memenuhi pasar domestik, produk halal juga perlu dikenalkan ke masyarakat global karena kualitasnya yang terjamin, dan berdaya saing. "Keberlangsungan kelestarian alam bumi ini adalah tanggung jawab kita. Untuk itu, konsep Go Green pada industri perlu dikedepankan termasuk pelaku Industri Kecil dan Menengah. Saat ini kesadaran menjaga lingkungan menjadi salah satu fondasi agar bisnis bisa terus berkembang. Sebab, kondisi pasar dan regulasi menuntut pengusaha harus punya kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan," kata Masrokhan.

Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan, dan Industri Aneka, Kementerian Perindustrian, E Ratna Utarianingrum mengatakan, IKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Ratna berharap pameran "Gelar Multi Produk Asli Indonesia" dapat memperkenalkan budaya dan potensi yang dimiliki oleh para perajin IKM agar produk-produk yang dihasilkan tidak sekadar dikenal, tapi juga diminati.

Ketua ISMEA Endang Rudiyatin berharap reseller yang memang kebanyakan dari kalangan mahasiswa dan milenial, agar menjual produk buatan IKM dalam negeri. Pasalnya dari segi kualitas barangnya sama, bahkan beberapa lebih bagus. "Kami dorong reseller jual produk dalam negeri," kata Endang ditemui usai pembukaan pameran bertajuk ‘Gelar Multiproduk Asli Indonesia’ di Jakarta, Selasa. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pemerintah Dorong IKM Perkuat Ekonomi Nasional. Please share...!

Back To Top