Telkomsigma Dukung Digitalisasi Startup dan UMKM

Telkomsigma meluncurkan layanan Software as Services (SaaS) Cloud.id untuk mendukung digitalisasi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan startup, di Jakarta, Rabu (18/12/2019)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Telkomsigma luncurkan layanan software as services (SaaS) CloudA, untuk mendukung digitalisasi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan perusahaan rintisan atau startup.

CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi, mengatakan, saat ini bisnis di kedua industri tersebut kian kompetitif dan membutuhkan infrastruktur teknologi informasi (TI) yang tidak murah, sehingga menjadi kendala bagi startup dalam menjalankan bisnisnya. "Geliat teman-teman startup yang semakin gencar dalam menciptakan inovasi bisnis, tentunya membuat CloudA sebagai cloud accelerator akan menjadi pondasi bagi para startup dalam mendukung peningkatan produktivitas bisnis dan menghemat biaya investasi dalam pengembangan infrastruktur teknologi informasi," ujar Sihmirmo Adi, Rabu (18/12/2019).

Melalui CloudA, jelas Sihmirmo Adi, mitra startup akan lebih fokus pada pengembangan bisnis dan menikmati fleksibilitas layanan komputasi awan atau cloud computing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna (Pay as You Use). Dengan cara penggunaan yang simpel dan cukup tersambung dengan koneksi internet, CloudA dapat dengan mudah diakses untuk memperoleh layanan cloud IaaS (infrastructure as a services), dan juga kedepannya akan dikembangkan pada layanan SaaS (software as a services) dan PaaS (platform as a services).

Sihmirmo Adi menambahkan, keamanan data juga menjadi hal penting bagi bisnis startup. Pemilihan cloud provider yang handal menjadi penting bagi startup yang ingin menjalankan bisnis tanpa adanya kendala. Dengan adanya local support 24 x7 di Indonesia, teknologi dari CloudA patut menjadi pilihan bagi startup dan UMKM. Hal ini menjadi benefit tersendiri dibandingkan dengan pemain global cloud computing yang tidak memiliki local support khususnya di Indonesia.

Sihmirmo mengatakan, untuk mendapatkan manfaat tersebut, mitra cloudA bisa memilih beberapa paket layanan instan (xtra small, small, medium, dan custom). CloudA juga menjamin nilai transparansi yang terbukti dari tidak adanya tambahan biaya seperti extra traffic. "Mitra cloudA dapat melakukan self provisioning dalam memilih layanan hingga pembayaran atau top up melalui transfer via virtual account dan kartu kredit," tandas Sihmirmo Adi. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Telkomsigma Dukung Digitalisasi Startup dan UMKM. Please share...!

Back To Top