Chatbot Berbasis AI Tingkatkan Interaksi Konsumen

CEO Vutura Riztama Prawita bersama Product Development Manager of LINE, Dewanda Saputri; Digital Fundraising Manager BAZNAS Hafiza Elfira Nofitariani dan CEO Qiscus Delta Purna Widyangga saat talkshow di ajang IMPACT 2020 di Jakarta, Kamis 30 Januari 2020


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perusahaan rintisan atau startup Vutura meluncurkan inovasi teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI), sebagai solusi bisnis cerdas bagi kalangan pelaku bisnis. Platform berupa aplikasi chatbot ini ditujukan untuk mempermudah komunikasi perusahaan dengan konsumen. Memanfaatkan teknologi natural language processing (NLP), asisten virtual Vutura ini tidak hanya mampu meningkatkan interaksi antara manusia dengan mesin, namun juga memberikan solusi bagi pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara mudah dan fleksibel dengan konsumen.

CEO Vutura, Riztama Prawita, menjelaskan, aplikasi chatbot Vutura menerapkan teknologi kecerdasan buatan, yang memungkinkan pelaku bisnis di Indonesia untuk meningkatkan aktivitas customer support dengan memanfaatkan kolaborasi antara teknologi chatbot dan manusia. "Dengan demikian, pelaku bisnis dapat melakukan interaksi yang lebih cepat dan baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan revenue," ujar Riztama Prawita, di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Menurut Riztama, chatbot menjadi investasi teknologi yang sangat menjanjikan di Indonesia. Terlebih, inovasi kecerdasan buatan menjadi pilihan tepat untuk beragam jenis bisnis. Terlebih, sejumlah institusi besar di Indonesia telah memanfaatkan Vutura seperti Global Komunika, Halofina, Kimia Farma,  Telkom Indonesia dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). "Vutura ingin mengenalkan bagaimana AI (Teknologi kecerdasan buatan) dapat dimanfaatkan ke dalam banyak aspek bisnis terutama customer engagement sesuai bisnis yang dijalankan," tambahnya.

Untuk meningkatkan customer engagement experience, kata Riztama, Vutura dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi instant messaging yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line dan Telegram. "Bahkan, aplikasi chatbot ini juga dapat dihubungkan secara mudah dan praktis dengan website atau mobile apps milik penggunanya," tandas Riztama.

Digital Fundraising Manager Baznas, Hafiza Elfira Nofitariani, menambahkan, Zavira yang merupakan chatbot olahan Vutura, memberikan begitu banyak manfaat. "Cukup dengan menambahkan @BaznasIndonesia sebagai teman di menu official account Line, pengguna dapat bertanya berbagai pengetahuan seputar zakat, infaq dan sedekah," kata Hafiza. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Chatbot Berbasis AI Tingkatkan Interaksi Konsumen. Please share...!

Back To Top