Klungkung Disiapkan sebagai Pusat Kebudayaan Bali

Gubernur Bali, I Wayan Koster, saat memberikan pemaparan pada acara Konsultasi Publik terkait rencana pembangunan kawasan Pusat Kebudayaan Bali, serta pembangunan prasarana pengendali banjir Tukad Unda dan Waduk Muara Unda di Kabupaten Klungkung


KLUNGKUNG (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan membangun kawasan Pusat Kebudayaan Bali, serta pembangunan prasarana pengendali banjir Tukad Unda dan Waduk Muara Unda di Kabupaten Klungkung.

Gubernur Bali, Wayan Koster, mengatakan, dalam upaya mendukung penyelenggaraan kegiatan budaya, diperlukan ruang dengan penyediaan fasilitas infrastruktur yang memadai, lebih representatif dan tentunya dengan kualitas yang lebih baik. Sehingga, bisa menyeimbangkan perkembangan kebudayaan yang berkembang dinamis. "Kita tidak punya emas, minyak bumi maupun bahan tambang lainnya. Namun, kita kaya akan budaya unik yang menjadi keunggulan kita. Untuk itu, budaya harus kita tetap jaga kelestariannya dan kita gali terus potensinya,” jelas Koster, Kamis (30/1/2020).

Wayan Koster mengatakan, Pusat Kebudayaan Bali rencananya dibangun di atas lahan seluas 318,32 hektare, yang dilengkapi dengan fasilitas panggung terbuka berkapasitas 20.000 orang, panggung tertutup, serta convention centre dengan teknologi terkini. Bangunan tersebut, akan dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara, untuk pembebasan lahan, akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bali. "Rencananya, Pusat Kebudayaan Bali juga dilengkapi dengan Museum Tari, Musik dan Tekstil serta kawasan industri kecil menengah, yang akan mengoptimalkan para perajin dan tenaga kerja dari wilayah Kabupaten Klungkung,” tandas Wayan Koster.

Sementara itu, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, menyatakan, pihaknya akan menjadikan pembangunan pusat budaya sebagai salah satu program utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung. "Kabupaten Klungkung pernah menjadi pusat pemerintahan raja-raja Bali. Pembangunan Pusat Kebudayan Bali ditujukan agar budaya Bali tetap lestari dan menjadi instrumen peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Nyoman Suwirta.

Menurut Nyoman Suwirta, pihaknya mengapresiasi rencana Gubernur Bali dan siap mendukung pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Kabupaten Klungkung. "Pemkab Klungkung juga siap mengajak masyarakat dan pemangku kepentingan untuk dapat bersama-sama mewujudkan pusat kebudayaan tersebut,” tandas Nyoman Suwirta. (one)
Labels: Wisata

Thanks for reading Klungkung Disiapkan sebagai Pusat Kebudayaan Bali. Please share...!

Back To Top