Nutrimenu Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang

Royco, meluncurkan program Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ guna bantu Ibu siapkan asupan gizi seimbang untuk anak di Jakarta, Selasa (28/1/2020)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Royco, meluncurkan program Nutrimenu 'Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku' guna membantu Ibu siapkan asupan gizi seimbang untuk anak.

Director of Foods and Beverages PT Unilever Indonesia Tbk, Hernie Rahardja, menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk membantu para ibu menyiapkan asupan makanan yang lezat dan bergizi. Terlebih, saat ini Indonesia alami darurat ketidakseimbangan gizi. Berdasarkan Riskesdas 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang yang ditandai dengan besarnya angka stunting dan obesitas pada anak. "Kehadiran program Nutrimenu 'diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang yang tentunya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan generasi masa depan Indonesia," ujar Hernie Rahardja di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Hernie menjelaskan, program Nutrimenu merupakan rangkaian kegiatan edukasi yang diawali dengan Training of Trainers (ToT) kepada kader kesehatan dari TP-PKK dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia, prinsip gizi seimbang, pedoman Isi Piringku, dan praktek memasak resep Nutrimenu. Para kader akan dibekali dengan media edukasi dan buku harian Royco Nutrimenu untuk mengedukasi ibu-ibu di lingkungan sekitarnya dan memberikan pendampingan untuk mengimplementasikan praktek memasak Nutrimenu. "Untuk mengukur manfaat dari program ini, Unilever melalui Royco bekerja sama dengan IPB melakukan penelitian untuk melihat adanya perubahan perilaku dari para Ibu sebagai indikator efektivitas implementasi program," tandas Hernie.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB, Dodik Briawan, menjelaskan, program Nutrimenu telah memberikan peningkatan signifikan bagi pengetahuan gizi, sikap dan praktek para Ibu, untuk memasak sesuai panduan Isi Piringku. "Bahkan sekitar 75 persen peserta program Royco Nutrimenu ( kini sudah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar," kata Dodik. (ym)
Labels: kuliner

Thanks for reading Nutrimenu Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang. Please share...!

Back To Top