Telkom Dorong Perusahaan Indonesia Bertransformasi Digital

Direktur Digital Bisnis PT Telkom Tbk, Direktur Faizal Djoemadi (kiri) dalam diskusi Financial and Digital Tecnology di Jakarta Rabu (22/1/2020)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk melakukan transformasi digital sejalan dengan industri 4.0. Langkah ini untuk meningkatkan daya saing bisnis di tengah pesatnya perkembangan tekonologi.

"Telkom tidak hanya mendigitalisasi perusahaannya sendiri, tapi juga membantu mendigitalisasi perusahaan-perusahaan di Indonesia," kata Direktur Digital Bisnis PT Telkom Faizal Rochmad Djoemadi pada diskusi 'Financial dan Digital Technology untuk Daya Saing Bisnis' di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Dia mengatakan, tranformasi digital akan mengotomitasi internal perusahaan sehingga lebih efisien dan efektif. Dampaknya, akan meningkatkan daya saing usaha agar bisa bisa berkiprah tidak hanya di level nasional atau regional, namun global. "Untuk bertranformasi, jangan hanya berpikir untuk 280 penduduk Indonesia, namun berpikir jauh untuk 7 miliar penduduk dunia," kata Faizal Rochmad Djoemadi.

Menurut dia, transformasi digital perusahaan penting untuk mengakomodir perilaku konsumen yang cenderung ingin cepat, sederhana, aman dan termanajemen dengan baik. Hal ini sejalan dengan penetrasi internet masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi. Upaya transformasi tersebut, antara lain dengan digitalisasi bisnis pelanggan dari front-end hingga back-end sehingga tercipta digital experience yang menyeluruh yang selanjutnya dapat dikelola big datanya menjadi analisis yang berguna bagi pemangku kepentingan untuk mengembangkan bisnis. "Perusahaan perlu mengenali konsumen dengan baik, dan dapat menemukan hambatan," kata dia.

Chairman Strategic Manajemen dan Digital Innovation Institute Imanda Laksanawan mengatakan Telkom telah banyak melakukan transformasi digital, sehingga membuat perusahaan tidak hanya perusahaan berkiprah di level regional, namun global. Sifat generasi muda yang umumnya mudah bertransformasi, beraptasi, lebih kreatif dan inovatif merupakan kunci penting dalam transformasi BUMN dalam mengadopsi perkembangan digital. Apalagi saat ini menurutnya Kementerian BUMN telah memberikan peran strategis bagi lebih dari 50 persen karyawan BUMN yang berusia di bawah 35 tahun. “Dalam waktu dekat mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin BUMN sehingga akan men-drive bisnis perusahaan menjadi makin maju bahkan hingga tingkat global,” kata dia.

Selain berdampak pada peningkatan daya saing dan pertumbuhan kinerja langkah BUMN yang cukup massif dalam mengadopsi perkembangan teknologi dan digitalisasi dikatakan Irnanda juga sangat positif dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas pengelolaan BUMN ke masyarakat dan pelanggannya. "Dengan begitu BUMN tidak hanya mengambil keuntungan tetapi juga memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat mulai yang paling atas sampai yang paling bawah di desa-desa,” ujarnya. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Telkom Dorong Perusahaan Indonesia Bertransformasi Digital. Please share...!

Back To Top