Edukasi Kepedulian Anak pada Lingkungan Lewat Lukisan

Vice President Marketing Kao Indonesia Susilowati (tengah), didampingi Psikolog Anak & Remaja Anita Chandra (kanan), berbicara saat malam apresiasi lomba Melukis Lingkungan Internasional Kao untuk Anak-anak dan Perayaan 35 Tahun Kao Indonesia di Jakarta, Sabtu 22 Februari 2020


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kao aktif mendorong kepedulian anak Indonesia pada lingkungan hidup lewat media lukisan. Selama 10 tahun atau satu dekade, lomba melukis yang mengusung tema “Let’s Eco Together” ini menjadi wujud nyata kepedulian Kao Indonesia secara terus menerus terhadap anak-anak dan lingkungan.

"Kepedulian dibina melalui edukasi kepada konsumen maupun masyarakat pada kegiatan brand, program CSR serta Lomba melukis lingkungan internasional yang sudah kami jalankan selama 1 dekade ini. Melalui kegiatan lomba melukis ini, kami secara tidak langsung mengedukasi serta menerapkan nilai-nilai ramah lingkungan-eco together melalui lukisan, karena gambar adalah bahasa kreatif yang universal yang diharapkan lebih mudah dipahami oleh anak-anak,” ujar Susilowati, Vice President Marketing Kao Indonesia, di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Pada tahun 2019, kata Susilowati, Kao Indonesia mengirimkan 6.079 karya dari total 16.552 lukisan dari seluruh dunia. Dua anak Indonesia juga berhasil meraih penghargaan tingkat internasional, kategori Eco Friend Prize yaitu Alvina Damayanti (14 tahun) dari Gresik dan Sophie Naysa Gunawan (9 tahun) dari Jakarta. Sementara, empat dari lima kategori Group Prize yang diperuntukkan bagi sekolah atau institusi pengirim terbanyak berhasil diraih oleh Indonesia, yaitu SMPN 2 Bangil Pasuruan (910 lukisan), Sanggar Lukis Kak Komang (829 lukisan), MTsN 1 Blitar (797 lukisan), dan SMPN 1 Kedamean (783 lukisan). Dari seluruh provinsi yang ada, peserta paling banyak berasal dari Jawa Timur. "Lewat lomba ini, lukisan menjadi medium untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Anak-anak ini diminta untuk melukiskan dunia seperti apa yang ingin mereka tinggali. Lewat lukisan-lukisan ini, anak-anak ini menyuarakan pendapat mereka dengan cara yang positif,” ujarnya saat perayaan 35 tahun Kao Indonesia berkiprah di Indonesia.

Hal serupa juga disampaikan Psikolog Anak, Anita Chandra. Dikatakan, ada alasan mendasar mengapa menggambar atau melukis dijadikan sebagai medium untuk belajar. Selain dapat memunculkan kualitas yang lebih baik pada manusia, melukis juga dapat menumbuhkan empati atau kepedulian anak-anak pada hal-hal di sekitar. "Melukis membuat anak-anak belajar bersabar, dan memperhatikan sekitar. Seperti yang kita lihat dalam berbagai lukisan yang diikutsertakan dalam Lomba Melukis Lingkungan Internasional Kao untuk anak-anak, mereka menyuarakan harapan dan kepedulian mereka,” jelas psikolog anak, Anita Chandra.

Pada hari yang sama, Kao Indonesia juga merayakan 35 Tahun Kiprah di Indonesia dengan pesan dan nilai “Inovasi Untuk Peduli”. Pesan tersebut disampaikan Kao Indonesia untuk masyarakat dan seluruh stakeholder Perusahaan melalui berbagai produk, layanan, dan kegiatan yang terintegrasi dengan strategi ESG (Environment, Social, Governance) yang dilakukan. Salah satu wujud komitmen dan konsistensi Perusahaan adalah dengan meningkatkan awareness generasi muda terhadap lingkungan melalui lomba melukis. (pr)
Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Edukasi Kepedulian Anak pada Lingkungan Lewat Lukisan. Please share...!

Back To Top