Gerakan Ayo Beli Rumah dengan Menabung di Bank Dinilai Perlu Dilakukan

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Pahala N. Mansury saat Rapat Kerja Nasional Bank BTN tahun 2020 di Jakarta, Jumat (10/1/2020)


SEMARANG (IndonesiaTerkini.com)- Membeli produk-produk properti, termasuk rumah dinilai mampu menghasilkan pertumbuhan nilai investasi berlipat pada masa datang. Untuk itu masyarakat perlu diedukasi dan didorong agar penghasilan yang dimiliki tidak seluruhnya digunakan untuk kebutuhan konsumtif, namun sebagian harus ditabung dan diinvestasikan dalam bentuk kepemilikan rumah.

Pandangan ini diungkapkan Direktur Utama Bank BTN, Pahala N Mansury saat mengunjungi salah satu proyek hunian di Semarang, Jawa Tengah akhir pekan ini. "Kepemilikan rumah merupakan salah satu bentuk dari masyarakat agar bisa memiliki aset yang peningkatan nilainya di masa datang bisa berlipat-lipat,” ujarnya, Minggu (2/2/2020).

Upaya dalam mengedukasi masyarakat untuk membeli rumah menurutnya bisa dilakukan dengan membuat gerakan ayo membeli rumah dengan menabung di bank. Sebab bank menurutnya sangat tepat menjadi pendamping masyarakat dalam mewujudkan hal itu. "Masyarakat perlu diajak agar gemar menabung untuk kemudian mereka membeli rumah dengan bank sebagai pendamping,” imbuhnya.

Sebagai bank yang konsisten pada pembiayaan sektor perumahan seiring fokus bisnis perseroan pada penyediaan perumahan bagi masyarakat Indonesia, BTN menurutnya siap menjadi pendamping masyarakat. Konsistensi dan fokus BTN pada sektor perumahan terlihat dari data penyaluran KPR BTN yang tercatat saat ini mencapai lebih dari Rp195 triliun, sekitar Rp111 triliun diantaranya dalam bentuk subsidi dan sisanya non subsisi. "Ini merupakan indikator bahwa Bank BTN memang terbukti fokus pada penyediaan perumahan bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Lebih jauh dikatakan, sebagai bank yang pangsa pasarnya di atas 90% untuk perumahan bersubsidi, BTN juga berkomitmen memastikan kualitas pengembang atau developer agar para pengguna yang menggunakan rumah subsidi yang dibiayai perseroan betul-betul bisa memberikan manfaat yang baik dan optimal. "Kita berharap developer yang memperoleh pendanaan dari Bank BTN betul-betul berkinerja baik, NPLnya juga rendah dan juga kualitas bangunan atau huniannya baik serta fasilitas umumnya menunjang, sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi para warganya," tegas Pahala.

Perseroan pun tetap berkomitmen menjadi mitra pemerintah dalam program sejuta rumah dengan membuat bisnis yang inovatif dengan mengoptimalkan big data analytic sehingga kekuatan BTN di KPR bisa ikut mendorong pertumbuhan dana murah, transaksi dan fee based income. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Gerakan Ayo Beli Rumah dengan Menabung di Bank Dinilai Perlu Dilakukan. Please share...!

Back To Top