Jawara Pertamina Sebarkan Budaya Keselamatan

JAWARA merupakan acara tahunan peringatan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang diadakan oleh PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III menggelar JAWARA 2020, acara tahunan peringatan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang menampilkan adu kekuatan, kecekatan, dan kesadaran akan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE).

"Kompetisi JAWARA menjadi salah satu upaya untuk menyebarkan budaya HSSE dalam perilaku individu. Kami berharap, aspek keamanan dan keselamatan tidak hanya dilakukan pada bulan ini saja, tapi menjadi gaya hidup dalam setiap aktivitas baik operasional maupun sehari-hari," jelas General Manager Pertamina MOR III Tengku Fernanda pada Pembukaan JAWARA di MTC Fireground Plumpang, Jakarta Utara, Senin (3/2/2020)

Sejalan dengan Bulan K3 Nasional 2020, kompetisi JAWARA mengusung tema "Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mewujudkan Business Sustainability". Kompetisi JAWARA MOR III tahun 2020, menampilkan perlombaan yang menguji keterampilan, ketangkasan, dan pemahaman aspek HSSE Pertamina termasuk 12 Corporate Life Saving Rules. Kompetisi tahun ini terdiri dari fireman combat yakni uji stamina dan dan ketangkasan tim pemadan kebakaran, yang mengadaptasi tes kemampuan fisik pemadam kebakaran dari berbagai negara (Firefighter Physical Aptitude Test/FPAT).

Selain itu, kompetisi Lock Out Tag Out (LOTO) yakni kegiatan mengisolasi energi berbahaya dari mesin, instalasi listrik, atau peralatan lain yang sedang dalam perawatan. Tujuannya agar melindungi pekerja atau orang lain di sekitar instalasi dari bahaya. Dalam kegiatan ini, peserta selain mengunci sumber energi berbahaya, juga wajib mengunci dengan memberikan label atau tag tanda bahaya. Sementara itu, sebagai rangkaian Bulan K3, pada Selasa (4/2/2020) akan diadakan seminar Ergonomi Perkantoran di lingkungan kantor Pertamina MOR III. "Pertamina berkomitmen dalam menjunjung perilaku dan budaya HSSE yang manfaatnya akan dirasakan bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakat di sekitar kita," tambah Fernanda. (ym)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Jawara Pertamina Sebarkan Budaya Keselamatan. Please share...!

Back To Top