CNAF Perluas Pembiayaan ke Multiguna

PT CIMB Niaga Finance (CNAF) akan perluas segmentasi pembiayaan dengan masuk ke kredit modal kerja


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT CIMB Niaga Finance (CNAF) akan perluas segmentasi pembiayaan dengan masuk ke kredit modal kerja di tahun ini. Untuk mengukuhkan perluasan ekosistem pembiayaan tersebut, CNAF bertransformasi dengan meresmikan logo baru (rebranding) dan juga berganti nama dari sebelumnya PT CIMB Niaga Auto Finance.

"Kita ganti nama agar tak terlalu terkotakkan bisnis otomotif yang identik bisnisnya konsumtif. Kedepan kita ingin ekspansi tidak hanya konsumtif, tapi juga investasi dan modal kerja. Jadi, supaya bisa ekspansi maka ada pergantian nama dan logo baru menjadi PT CIMB Niaga Finance," ujar Presiden Direktur CNAF, Ristiawan Suherman, di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Perubahan logo tersebut, kata Ristiawan, menjadi salah satu langkah CNAF untuk semakin memperkuat positioning sebagai anak perusahaan yang terus bersinergi dengan induk usaha yaitu PT Bank CIMB Niaga Tbk. Hal ini juga bertujuan untuk mengubah paradigma CIMB Niaga Finance yang tidak hanya berfokus pada pembiayaan kendaraan roda empat, tetapi juga memperluas segmentasi pembiayaan seperti kredit investasi dan modal kerja. "Produk kami tidak akan bersinggungan. Kita hanya mengambil yang otomotif dan yang terkait multifinance. Kita tidak akan masuk ke KTA (kredit tanpa agunan), SME (small medium enterprise), karena segmennya terbatas," ujarnya.

Terkait produk baru, Ristiawan menjelaskan, produk multiguna bisa diberikan kepada segmen nasabah yang membutuhkan pinjaman untuk modal kerja mereka. Sementara, terkait mitigasi resiko dari perluasan pembiayaan, pihaknya pun sudah menyiapkan kebijakan eksternal dan internal, sehingga resiko bisa diminimalkan. "Kita targetkan pembiayaan 10 persen hingga 15 persen datang dari produk baru. Kita belum agresif karena kita ingin belajar bagaimana kelola produk baru," ungkapnya.

Selain itu, sebagai implementasi dari transformasi tersebut, perseroan juga meluncurkan aplikasi CNAF Mobile. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan calon debitur dalam mengajukan pembiayaan melaIui smartphone. Didukung teknologi terbaru, CNAF Mobile dapat memberikan persetujuan pembiayaan secara instan dalam waktu 1-5 menit kepada calon debitur cukup dengan menggunakan KTP dan NPWP. Melalui CNAF Mobile, calon debitur bisa mengajukan kredit pembiayaan dengan persyaratan mudah, memonitor status pengajuan aplikasi secara real time, serta memperoleh informasi produk dan program pembiayaan. "Kami berharap, tersedianya CNAF Mobile dengan beragam fitur yang ditawarkan dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman. Hal ini sekaligus wujud komitmen kami sebagai perusahaan pembiayaan yang mengutamakan customer experience," ungkap Ristiawan.

Dengan perluasan pembiayaan dan aplikasi baru tersebut, ia menargetkan pada tahun ini bisa membukukan kenaikan pembiayaan hingga double digit. Adapun, pada tahun lalu perseroan telah mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 297 miliar atau bertumbuh 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp 250 miliar, dengan rasio kredit bermasalah (NPF) yang terjaga di level 0,6 persen. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading CNAF Perluas Pembiayaan ke Multiguna. Please share...!

Back To Top