Wamendag Dorong Pelaku UMKM Kuasai Pasar Asia Tenggara

Produk UMKM Indonesia diajak untuk menguasai pasar Asia Tenggara, dengan merambah pasar seperti Filipina, Vietnam, dan Thailand, hingga Taiwan


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Produk UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) Indonesia diajak untuk menguasai pasar Asia Tenggara, dengan merambah pasar seperti Filipina, Vietnam, dan Thailand, hingga Taiwan. Hal itu setelah platform e-commerce Shopee sukses sukses mengekspor lebih dari 5.000 produk terkurasi Kreasi Nusantara pada 2019 ke Singapura dan Malaysia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, mengatakan, ekspor menjadi sorotan utama pemerintah untuk dikembangkan sebagai bagian dari upaya dalam pertumbuhan ekonomi digital dan nilai ekspor Indonesia. "Dengan hadirnya program Kreasi Nusantara yang sejalan dengan visi Kementerian Perdagangan saat ini, kami sangat menyambut baik inisiatif Shopee dalam mendukung perkembangan UMKM dan pertumbuhan nilai ekspor melalui ekspansi jangkauan ekspor yang dilakukan pada tahun ini,” ungkap Jerry Sambuaga di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Sementara itu, Head of Public Policy and Goverment Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmodjo, mengatakan Kreasi Nusantara merupakan kanal yang diluncurkan sejak Februari 2018 dan didedikasikan khusus untuk memberikan sorotan bagi produk-produk lokal. Sejak diluncurkannya program Kreasi Nusantara pertama kali dengan peningkatan transaksi harian UMKM sebesar 8 kali lipat melalui kanal  dari lokal untuk global. "Program Kampus Shopee yang membina lebih dari 40.000 UMKM di Indonesia juga ditujukan sebagai wadah untuk dapat menerapkan pendekatan literasi digital terhadap bisnis yang dijalankan dalam kanal kreasi nusantara," jelasnya.

Radityo menambahkan, pada 2020 pihaknya berharap dengan diperluasnya jangkauan pasar ekspor dapat mendukung peningkatan performa para pelaku UMKM binaan. "Serta menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Ditargetkan akan ada 1 juta produk terkurasi yang akan ada di program ini," tegas Raditya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Wamendag Dorong Pelaku UMKM Kuasai Pasar Asia Tenggara. Please share...!

Back To Top