Sido Muncul Sumbang Rp15 Miliar untuk Perangi Virus Corona

Penyaluran bantuan untuk penanganan Covid-19 di Jakarta, Sabtu (4/4/2020)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk berkomitmen untuk menyalurkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk penanganan pandemi corona (Covid-19) di Tanah Air. Indonesia kini dihadapi oleh berbagai tantangan. Di antaranya adalah menipisnya alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, serta menurunnya pendapatan bagi pekerja sektor informal. Menanggapi hal ini, Sido Muncul menjalankan program bantuan sosial berupa penyaluran APD lengkap, produk kesehatan berupa jamu dan suplemen hingga paket sembako. Perusahaan jamu ini bahkan telah membentuk tim internal khusus bantuan Covid-19 sejak kemunculan virus corona di Indonesia.

"Hari ini, kami memberikan paket sembako bagi pengemudi ojol dan bajaj. Bantuan ini sebelumnya juga diberikan bagi para lansia," ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Sabtu (4/4/2020).

Sekitar 300 pengemudi ojol dan 100 supir bajaj mendapatkan produk kesehatan Sido Muncul seperti Tolak Angin dan Kuku Bima Energi serta cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Tak hanya itu, 500 paket produk ini disumbangkan untuk Gereja Katedral di Jakarta Pusat. Untuk memastikan keselamatan tenaga medis di garda depan, Sido Muncul telah menyiapkan 300 APD lengkap yang siap didistribusikan. Sekitar 2.000 APD pun juga sudah dipesan dan akan diimpor langsung dari Tiongkok.

"Kami sedang mempersiapkan APD lengkap berupa hazmat, sarung tangan, masker, dan face shield, serta hand sanitizer dan disinfektan. Kami juga memberikan sembako dan produk Sido Muncul bagi tenaga medis, rumah sakit, puskesmas atau klinik maupun instansi pemerintah yang sudah terdata oleh kami," jelas Irwan.

Sumbangan lainnya berupa alat rapid test dan viral transport media (VTM) yang dibutuhkan untuk uji spesimen Covid-19. Kami berusaha mendistribusikan sendiri bantuan tersebut karena kami memiliki network yang luas. Banyak pihak yang meminta bantuan kepada Sido Muncul, sehingga mempermudah proses pendistribusian. Sebab, yang tersulit adalah distribusi bantuan karena ada kemungkinan pihak yang terlewatkan. Dalam program sosial ini, Sido Muncul menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Palang Merah Indonesia (PMI), Rumah Perubahan, BenihBaik.com, serta KitaBisa.com. Bantuan senilai Rp 2 miliar disalurkan untuk organisasi-organisasi tersebut.

Irwan pun mengingatkan masyarakat agar mengikuti protokol pemerintah seperti menerapkan pembatasan jarak fisik (physical distancing) dan menjaga kesehatan. "Sebab, sekarang sudah mulai memasuki pancaroba. Saya khawatir nanti akan muncul demam berdarah dengue (DBD) dan penyakit ini lebih berbahaya. Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan mencatat pada Januari hingga awal Maret 2020, penyakit DBD telah menelan 100 korban jiwa dari 16.099 kasus," tutupnya. (sd)
Labels: CSR

Thanks for reading Sido Muncul Sumbang Rp15 Miliar untuk Perangi Virus Corona. Please share...!

Back To Top