Warung Uniq Rambah ke Makanan Beku

Warung Uniq rambah ke makanan beku


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pengusaha di bidang kuliner saat ini berlomba-lomba mensiasati penurunan omzet ditengah mewabahnya virus corona (Covid-19) di Indonesia. Selain melayani pemesanan secara take away dan delivery, restoran-restoran tersebut kini juga menyediakan bahan makanan beku (frozen food) yang bisa dijadikan sebagai stok untuk masyarakat yang sedang menjalani karantina di rumah.

Sebagai contoh, Warung Uniq, warung yang menjajakan makanan Korea ala kaki lima yang menyajikan aneka makanan dan minuman khas Korea ini mulai beralih memasarkan produk-produk frozen food, makanan siap masak, serta makanan siap santap. Jenis makanan beku yang ditawarkan bervariasi mulai dari Tokpokki, Odeng, Jajangmyeon, dan Kimchi. "Tidak hanya siap makan, kami juga menyediakan bahan mentah seperti Tteok, Oemuk, dan produk cemilan Korea lainnya,” kata Pemilik Warung Uniq Eunike Andrita Mustika, Senin (20/4/2020).

Ia mengatakan, dalam pembuatannya, warung yang terletak di Pademangan, Jakarta Utara ini Halal dan tidak menggunakan bahan pengawet, serta menggunakan bahan baku impor. Bahan baku ini menurutnya masih mudah didapat dan harganya pun stabil, kecuali beberapa waktu lalu bawang bombay saja yang harganya sempat mengalami kenaikan. Pembeli menurutnya hanya perlu menghubungi nomor yang tertera di media sosial Wr Uniq untuk melakukan pemesanan. Adapun, pengirimannya bisa menggunakan JNE YES/REG, J&T Express, Grab Send maupun Go Send.

Lebih lanjut, Eunike mengatakan, untuk mempertahankan nilai transaksinya akibat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai upaya pencegahan virus corona, warungnya harus mensiasatinya dengan cara memberikan promo diskon, bundling makan, beri hidangan atau produk gratis, dan lain sebagainya. “Selain itu kami mensiasati dengan merambah ke penjualan online, dengan mengemas beberapa menu makanan dengan cara dibekukan agar lebih higienis, fresh, dan tahan lama,” ungkapnya.

Jelas ia ada beberapa manfaat dari makanan yang dibekukan, misalnya bisa disimpan tahan lama, siap di masak kapan saja, dan mudah di masak seperti membuat mie instan. Masa penyimpanannya pun cukup lama, bisa lebih dari seminggu asalkan di dalam frozen sesuai temperatur suhu. Terkait bisnis ditengah pandemi ini, ia mengakui adanya penurunan pendapatan. Namun, tidak sampai ke pengurangan jumlah tenaga kerja. "Dampak yang terbesar pastinya pendapatan menurun rata-rata sebesar 40-60 persen dari pendapatan normal. Sejauh ini tidak dampak yang signifikan sampai harus meliburkan empat karyawan atau meliburkan outlet. Kami tetap mengikuti himbauan dari pemerintah, tidak diperkenankan untuk makan di tempat dan kami hanya mengandalkan ojek online dengan sistem bagi hasil yang masih sama dengan sebelumnya mengambil 20 persen per transaksi,” imbuhnya. (ym)
Labels: kuliner

Thanks for reading Warung Uniq Rambah ke Makanan Beku. Please share...!

Back To Top