Gandeng BJB, Bank Universal BPR Perkuat Likuiditas

Bank Universal BPR (bagian dari Grup Universal) menerima pinjaman dari Bank BJB untuk semakin memperkuat likuiditas


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Bank Universal BPR (bagian dari Grup Universal) menerima pinjaman dari Bank BJB untuk semakin memperkuat likuiditas.

Direktur Utama Bank Universal BPR, Reyhan Satyahadi mengatakan, likuiditas dan kecukupan modal perseroan terus ditingkatkan demi kenyamanan nasabah yang menempatkan dana di Bank Universal BPR, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. "Rasio kecukupan modal-rasio CAR bank kami adalah 30 persen jauh lebih besar dari rasio yang di persyaratkan OJK 12 persen dan juga jauh lebih tinggi diatas rata-rata rasio industri," ujar Reyhan Satyahadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/5/2020).

Berdasarkan laporan keuangan posisi bulan April 2020, Bank Universal BPR membukukan aset Rp 376 miliar, sementara NPL tercatat 3,5 persen (lebih baik dari batas rasio NPL sehat dan 5 persen), menunjukkan kualitas kredit yang terkontrol baik dan sehat.

Komisaris Utama Bank Universal BPR, Kaman Siboro mengatakan, kondisi saat ini Bank Universal BPR sangat aman dan menguntungkan dengan kinerja keuangan yang sehat, posisi April 2020 rating TKS (Tingkat Kesehatan) berdasarkan Camel sesuai kriteria OJK adalah Sehat diangka 94 dari 100, dimana standar sehat minimal 81. Selain itu, secara model bisnis Bank Universal BPR juga sangat aman dan menguntungkan. Dana yang dihimpun, selanjutnya disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit modal kerja dan kredit multiguna dengan jaminan sertifikat rumah bernilai 150 persen dari nilai pinjaman. "Jadi contoh-nya, jika kami beri kredit kepada debitur senilai Rp 100 juta, di brankas kami ada jaminan sertifikat rumah senilai Rp 150 juta yang telah diikat secara sempurna sebagai jaminan kredit," tambah Kaman.

Sebagai catatan, Bank Universal BPR didirikan pada tahun 2003 oleh Kaman Siboro dan Stephen Satyahadi, dengan pengalaman sebagai bankir lebih dari 35 tahun dibidang perbankan. Kedua pendiri memiliki pengalaman profesional yang solid antara lain di Astra Group, Citibank, Bank Universal dan Bank Permata. Seperti layaknya Bank Umum, Bank Universal BPR terdaftar dan diawasi OJK serta merupakan peserta program penjaminan LPS-Pemerintah. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Gandeng BJB, Bank Universal BPR Perkuat Likuiditas. Please share...!

Back To Top