Petrokimia Gresik Gelontorkan Dana Rp7,9 Miliar untuk Tangani Covid-19

Ilustrasi (Foto: istimewa)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian BUMN menunjuk Petrokimia Gresik sebagai koordinator Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 BUMN Jawa Timur untuk membantu percepatan penanganan Covid-19.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi, menjelaskan, pihaknya telah mengistruksikan pembagian tugas kepada BUMN yang berlokasi di Jatim untuk ikut emmerangi pandemi. "Kami juga telah mendirikan 38 Posko Tanggap Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Jatim,” kata dia menjelaskan. Langkah ini sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang menginstruksikan agar penanganan Covid-19 menyentuh seluruh sektor dan daerah.

Sejak Maret hingga April 2020, Petrokimia Gresik telah menggelontorkan dana sebesar Rp7,9 miliar yang didistribusikan ke sektor kesehatan, sosial, ekonomi, keagamaan, hingga pertanian di 20 kabupaten dan kota di Jatim. Pendistribusiannya bekerja sama dengan BUMN lain, posko, lembaga sosial, instansi, serta pemerintah daerah, baik kabupaten maupun provinsi. Total bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang telah disalurkan ke 32 rumah sakit dan puskesmas secara bertahap antara lain 19.493 pcs masker kain, 23.200 pcs surgical mask, 250 pcs masker N95, 5.724 pasang nitril gloves, 3.648 stel baju pelindung, 1.790 safety boots, 1.470 pelindung wajah dan helm, 189 pasang handscoon non steril, 2.320 buah apron plastik, 278 buah goggles, dan 20 unit disinfectant chamber.

Menurut Rahmad, bantuan APD untuk tenaga kesehatan menjadi sangat penting mengingat kasus positif Covid-19 di Jatim terus meningkat. Bahkan, Jatim saat ini termasuk dalam provinsi dengan pasien Covid-19 terbanyak di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat. “Kami juga memberikan bantuan obat-obatan sesuai rekomendasi dokter perusahaan. Perusahaan juga memberikan bantuan 160 ton beras, 400 kardus mie instan, dan 300 paket sembako untuk masyarakat di sekitar perusahaan dan daerah lainnya seperti Lamongan, Pasuruan, dan Pamekasan. Selain bantuan sembako, perusahaan juga melakukan edukasi bahaya dan pencegahan Covid-19, serta penyemprotan disinfektan di 8 desa/kelurahan sekitar perusahaan, kantor pemerintahan, dan 100 sarana ibadah mulai dari masjid, musala, gereja hingga pura," tutupnya. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Petrokimia Gresik Gelontorkan Dana Rp7,9 Miliar untuk Tangani Covid-19. Please share...!

Back To Top