Inovasi Nippon Paint di Tengah Pandemi Covid-19

(Ki-Ka) Makoto Gonokami, President, The University of Tokyo bersama Masaaki Tanaka, Chairman, President and CEO, Nippon Paint Holdings Co., Ltd


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Covid-19 kini sudah ditetapkan WHO (World Health Organiztion) sebagai virus yang akan tetap ada sepanjang hidup manusia. Jadi Covid-19 bukan lagi pandemi, tapi berpotensi endemi. Untuk dapat mengendalikan penyebarannya, dibutuhkan dukungan semua pihak: masyarakat, pemerintahan, swasta, peneliti, dan para ahli.

Melihat perkembangan virus Corona baru ini, Nippon Paint melahirkan inovasi baru. Nippon Paint China meluncurkan Anti-Virus Kids Paint yang telah diuji dapat membunuh hampir 100% Feline Calicivirus (FCV) atau sejenis strain dari Coronavirus yang sangat menular dan menyerang sistem pernapasan. Lalu pada 1 Maret 2020, Nippon Paint China telah menyumbangkan Anti-Virus Kids Paint ke rumah sakit di Provinsi Hubei, Tiongkok. Kemudian 18 Mei 2020 lalu, Tokyo University dan Nippon Paint Holdings menyepakati perjanjian kerja sama untuk Research and Development pada teknologi yang mencegah penyebaran Covid-19, termasuk pelapis anti-virus, dan teknologi untuk solusi masalah kesehatan yang muncul saat dan setelah wabah berakhir, dengan tema “Establish of Innovative Coating Technologies”.

Masaaki Tanaka, CEO Nippon Paint Holdings menjelaskan, pihaknya berharap upaya yang dilakukan Nippon Paint, khususnya pada pengembangan teknologi cat dan pelapis akan berkontribusi untuk memastikan bahwa masyarakat dapat hidup dengan aman dan nyaman. Selain China dan Jepang, Nippon Paint Singapura juga meluncurkan VirusGuard+ yang dilengkapi antimikroba untuk menghancurkan virus dan bakteri pada dinding. VirusGuard+ mampu melakukan enkapsulasi pada virus dan bakteri yang menempel pada dinding.

Dengan berbagai perkembangan inovasi cat dan pelapis oleh China, Jepang, dan Singapura, Nippon Paint Indonesia, juga melakukan Research and Development dengan Teknologi Silver-Ion. Beberapa penelitian membuktikan Silver-Ion efektif sebagai antimikroba yang telah dimanfaatkan sejak lama untuk pengobatan maupun pelapis peralatan medis. Silver-Ion sebagai antimikroba dapat membasmi mikroorganisme dengan penetrasi, menghentikan reproduksi dan metabolisme, lalu menghancurkan mikroorganisme tersebut. Daya antimikroba pada Silver-Ion bertahan lama sehingga senyawa ini efektif dalam melawan kuman. Nippon Paint Indonesia telah aplikasi Teknologi Silver-Ion pada Nippon Vinilex Fresh sejak tahun 2005 yang digunakan pada bangunan rumah sakit (project based). Kemudian di tahun 2018, teknologi ini diperkenalkan pada customer retail melalui Nippon Spot-Less Plus - cat interior segmen premium dengan fungsi anti-noda dan anti-kuman. Kini, Silver-Ion hadir dalam Vinilex Anti-Kuman untuk cat interior segmen menengah sejak April 2020 lalu.

“Vinilex Anti-Kuman dengan Silver-Ion untuk segmen menengah diluncurkan saat ini untuk membantu terciptanya rumah sehat yang terjangkau oleh seluruh keluarga Indonesia. Ini adalah bentuk kontribusi Nippon Paint sebagai pemimpin industri cat dan pelapis di Indonesia untuk memerangi penyebaran penyakit di tengah pandemic COVID-19,” papar Jon Tan, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia.

Dengan demikian, inovasi cat dan pelapis ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan perlindungan untuk bangunan yang aman dan nyaman. Jon Tan juga berharap ke depannya inovasi pada industri cat dan pelapis ini dapat meningkatkan kesadaran, mengedukasi dan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang bukan saja indah, bersih, tetapi juga aman dan sehat. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Inovasi Nippon Paint di Tengah Pandemi Covid-19. Please share...!

Back To Top