Huawei Bermitra dengan XL Kembangkan Jaringan VOLTE

Huawei Indonesia bermitra dengan PT XL Axiata Tbk untuk menyiapkan jaringan dan pengembangan layanan VoLTE (Voice over LTE) di kota Medan


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Huawei Indonesia bermitra dengan PT XL Axiata Tbk untuk menyiapkan jaringan dan pengembangan layanan VoLTE (Voice over LTE) di kota Medan. Kemitraan ini dinilai akan semakin mendukung bisnis komunikasi di Indonesia untuk memperkenalkan layanan VoLTE. Untuk dapat menyediakan layanan VoLTE ini, XL Axiata telah membangun IMS berbasis virtual dari Huawei sehingga dapat mencakup seluruh jaringan di kota Medan dan mengoptimalkan jaringan transport.

"Solusi IMS Huawei menggunakan platform cloud berorientasi NFV yang memanfaatkan teknologi virtualisasi dan komputasi awan untuk memisahkan perangkat lunak dari perangkat keras. Dengan IMS, layanan lain seperti video, SMS dan layanan tambahan juga dapat diberikan kepada pelanggan XL Axiata," jelas Catherine Guan, Huawei Account Director for XL Axiata.

Sebagai kota terbesar di provinsi Sumatera Utara, Catherine mengatakan, pengembangan jaringan layanan VoLTE di Kota Medan merupakan langkah besar dalam transformasi komunikasi digital di Indonesia, terlebih selama pandemi Covid-19 ini. Setelah pembaruan OTA (Over-the-air Programing) dari produsen perangkat VoLTE telah tersedia, nantinya pelanggan XL Axiata yang telah menggunakan perangkat yang mendukung layanan VoLTE, dapat dengan cepat merasakan layanan tersebut dan menikmati semua manfaat yang dihasilkannya.

"Karenanya, kami optimis layanan VoLTE akan menjadi fitur layanan suara pilihan pelanggan. Dan kedepannya, lebih banyak kota akan segera dilayani," ujar Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Saat ini XL Axiata telah menyediakan jaringan layanan 4G yang menjangkau lebih dari 450 kota di Indonesia. Secara bertahap, hingga akhir tahun ini layanan VoLTE ditargetkan ada di 13 kota yang kemudian akan terus diperluas. Perusahaan juga telah memastikan jaringan yang dimiliki telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core. Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE) dapat berjalan dengan baik.

"Kerja sama dengan Huawei telah mendukung kami dalam transformasi gaya hidup digital ini, terlebih lagi kemitraan ini telah terjalin mulai dari era 2G di Indonesia," terang I Gede.

Ia pun memastikan, kapasitas jaringan data XL Axiata juga akan terus ditingkatkan seiring dengan semakin meningkatnya trafik layanan data setiap tahun. Hingga semester I/2020, trafik data telah meningkat lebih dari 40% dibanding periode yang sama tahun lalu. "Kapasitas jaringan yang telah ditingkatkkan sebesar 2x lipat akan mampu melayani peningkatan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah guna mengindari penyebaran Covid-19,” katanya. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Huawei Bermitra dengan XL Kembangkan Jaringan VOLTE. Please share...!

Back To Top