Dahana Gandeng Pupuk Kaltim Bangun Pabrik Bahan Peledak di Bontang

PT Dahana (Persero) dan PT Pupuk Kalimantan Timur mendirikan perusahaan patungan yang diberi nama PT KAN. Perusahaan ini ditargetkan untuk membangun pabrik Amonium Nitrat (AN) di Kawasan Industri PT KIE di Bontang, Kalimantan Timur


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Dahana (Persero) dan PT Pupuk Kalimantan Timur mendirikan perusahaan patungan yang diberi nama PT KAN. Perusahaan ini ditargetkan untuk membangun pabrik Amonium Nitrat (AN) di Kawasan Industri PT KIE di Bontang, Kalimantan Timur.

"Berdasarkan hasil kajian kami, pabrik AN ini dapat menghemat devisa dari impor AN. Selain itu, pabrik ini dapat menciptakan nilai tambah produk dalam negeri, dan membuka lapangan pekerjaan,” kata Budi Antono, Direktur Utama PT Dahana (Persero).

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 75 ribu ton per tahun. Pembangunan pabrik Amonium Nitrat  ini akan berimplikasi pada berkurangnya importasi di bidang bahan baku peledak dan efisiensi penggunaan devisa negara. Lebih jauh, pabrik ini akan memperkuat kemandirian penyediaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Indonesia.

Pabrik yang direncanakan akan selesai dibangun dan siap beroperasi pada tahun 2020 tersebut dibangun di atas lahan seluas 6 hektar. Sementara, total investasi yang digelontorkan mencapai Rp1,1 triliun.

“Pembangunan ini sejalan dengan program hilirisasi berbasis natural gas yang akan dikembangkan oleh Pupuk Kaltim,” ujar Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi menutup pembicaraan. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Dahana Gandeng Pupuk Kaltim Bangun Pabrik Bahan Peledak di Bontang. Please share...!

Back To Top