Gandeng Telkomsel dan LinkAja, Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro

Penandatangan MOU antara Bank Mandiri, Telkomsel, dan Linkaja


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bersinergi dengan Telkomsel dan LinkAja dalam menyalurkan fasilitas kredit mikro produktif bagi mitra Telkomsel terpilih melalui aplikasi digital Digipos. Dalam kerjasama ini, pembiayaan Bank Mandiri akan disalurkan secara nontunai melalui LinkAja kepada mitra Telkomsel yang telah mengajukan permohonan pada Aplikasi Digipos.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan kepastian pinjaman kemudian dapat diperoleh dalam waktu kurang dari 24 jam dan keseluruhan proses dilakukan secara digital tanpa tatap muka. Pinjaman ini nantinya akan dapat diakses oleh lebih dari 500 ribu mitra eksisting Telkomsel sebagai tambahan modal usaha untuk membeli stok pulsa dan paket data Telkomsel. "Kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi antar BUMN dalam pemanfaatan teknologi digital demi memperkuat peran UMKM sebagai motor penggerak ekonomi nasional," ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya kerja sama ini juga untuk memperluas jangkauan kepada pelaku UMKM dengan metode yang nonkonvensional, yaitu melalui skema digital lending. Skema ini cocok untuk diterapkan di kala pandemi karena seluruh prosesnya digital, sehingga minim sekali kontak fisik. "Inisiatif ini akan semakin memperluas keterlibatan perseroan dalam pengembangan digital lending yang sebelumnya telah terjalin dengan dua marketplace yaitu Shopee dan Bukalapak, serta beberapa teknologi finansial (tekfin) seperti Amartha, Crowde, Akseleran, Investree, dan Koinworks," jelasnya.

Hery memastikan proses penyaluran kredit secara digital ini akan memenuhi prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Kemudian untuk memastikan kualitas penyaluran kredit yang baik, dilakukan kolaborasi data dari ketiga perseroan untuk membentuk alternatif scoring yang dipakai untuk menilai kelayakan kredit dari mitra Telkomsel. (ym)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Gandeng Telkomsel dan LinkAja, Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro. Please share...!

Back To Top