Grab Bantu Salurkan KUR ke Mitra UMKM

Pemerintah telah menggandeng Grab Indonesia untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra platform digital tersebut.

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah telah menggandeng Grab Indonesia untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra platform digital tersebut.

"Dalam rangka meningkatkan peran UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi dan penyerap tenaga kerja pada masa pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembiayaan UMKM dengan memberikan kemudahan akses, penundaan pembayaran dan menyediakan tambahan subsidi bunga sehingga murah dan meringankan UMKM melalui pelonggaran kebijakan KUR,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomia Airlangga Hartarto, saat acara Penyaluran KUR bagi UMKM Mitra Platform Digital, di Kantor Kemko Perekonomian, Rabu (23/9/2020).

KUR adalah program inklusi keuangan pemerintah dan bank BUMN dengan suku bunga yang sangat rendah yaitu 6% per tahun dengan masa pinjaman selama 1 hingga 3 tahun. Pemerintah telah memperpanjang subsidi bunga KUR sebesar 6% sehingga pelaku UMKM bisa menikmati pinjaman bebas bunga.

Airlangga menambahkan, pelonggaran kebijakan KUR juga memberikan kemudahaan antara lain, penundaan angsuran pokok KUR dengan jangka waktu paling lama 6 bulan, relaksasi ketentuan restrukturisasi KUR, dan relaksasi pemenuhan persyaratan administrasi dalam proses pengajuan KUR. Adapun pelonggaran kebijakan KUR merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi (PEN) yang bertujuan untuk memperkuat daya beli dan produksi di masa pandemi.

Menko Airlangga menjelaskan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran PEN untuk UMKM sebesar Rp 123,46 triliun dari anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp695,20 triliun pada tahun 2020. Program PEN tersebut masih akan berlanjut hingga tahun 2021. Pada bulan Mei lalu, Grab telah bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Bank BRI) untuk meluncurkan fasilitas pinjaman dana tunai dan KUR untuk mitra merchant GrabFood dan mitra agen GrabKios. Sebanyak 22.000 mitra GrabFood dan GrabKios memenuhi persyaratan untuk memanfaatkan fasilitas KUR Grab dan BRI. Melalui kolaborasi ini, mitra merchant GrabFood dan mitra agen GrabKios akan diprioritaskan dan dipercepat proses aplikasinya setelah melaluiscreening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.

“Dengan segala upaya dan inisiatif yang telah kami lakukan, kami harap dapat mendukung pemerintah dalam memulihkan ekonomi serta meningkatkan daya saing dan ketangguhan para UMKM di Indonesia. Di akhir 2020 ini, Grab berharap dapat merangkul lebih dari 400.000 mitra UMKM melalui inisiatif-inisiatif yang kami lakukan termasuk penyaluran KUR ini," kata Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Grab juga saat ini bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk penyaluran KUR untuk mitra merchant GrabFood lewat sebuah proyek percontohan (pilot project). (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Grab Bantu Salurkan KUR ke Mitra UMKM. Please share...!

Back To Top