Kemenpareraf Beri Pelatihan Pemasaran Digital pada UMKM Kriya

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka program pelatihan pemasaran digital. Program tersebut direncanakan akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 28 September 2020 hingga 2 Oktober 2020



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Keuangan pada April 2020 merilis data yang menunjukkan bahwa usaha yang paling terdampak secara signifikan oleh pandemi Covid-19 adalah sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Padahal, sektor ini telah berkontribusi 60,3% dari total Produk domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap sebanyak 97% dari total tenaga kerja, serta 99% dari total lapangan kerja.

Melihat dampak kerugian yang kian masif bagi sektor UMKM, khususnya subsektor kriya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka program pelatihan pemasaran digital. Program tersebut direncanakan akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 28 September 2020 hingga 2 Oktober 2020.

“Beralih ke digital merupakan solusi paling efektif. Bila pemilik usaha bisa semakin kreatif memasarkan produk lewat dunia digital, maka sebagian masalah penjualan akan teratasi," kata Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf dalam acara peluncuran program pelatihan Peningkatan Kompetensi Pelaku Ekonomi Kreatif dalam Pemasaran Digital hari ini (21/9/2020).

Sebelumnya, Neil mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai program untuk membuat UMKM naik kelas, serta membuat kelas digital entreprenuership dengan sistem inkubasi. Hal ini dilakukan untuk mendorong UMKM melakukan transformasi secara digital dan meningkatkan kualitas produk mereka. “Salah satu tujuan kami adalah membuat UMKM melakukan tambah nilai bagi produknya,” kata dia.

Sementara itu, Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung usaha UMKM di subsektor kriya untuk mendigitalisasi usahanya. Hal ini, menurutnya, akan meluaskan jangkauan penjualan produk UMKM tersebut.

Adapun materi yang akan diajarkan pada pelatihan tersebut adalah pemahaman tentang perubahan perilaku konsumen selama pandemi, strategi branding di dunia digital, pengembangan digital marketing, pengembangan rencana bisnis digital dan menarik investor, serta cara menarik pembeli melalui iklan di Instagram. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kemenpareraf Beri Pelatihan Pemasaran Digital pada UMKM Kriya. Please share...!

Back To Top