Sirclo Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp88 Miliar

Perusahaan e-commerce enabler Sirclo mengumumkan penutupan pendanaan Seri-B sejumlah US$6 juta (sekitar Rp88 miliar)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perusahaan e-commerce enabler Sirclo mengumumkan penutupan pendanaan Seri-B sejumlah US$6 juta (sekitar Rp88 miliar). Investor yang berpartisipasi dalam pendanaan ini adalah East Ventures, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, Sinar Mas Land, dan lainnya.

Brian Marshal, CEO dan Founder Sirclo mengatakan, pihaknya akan menggunakan suntikan dana ini untuk membantu memperkuat infrastruktur internal agar terus stabil. "Agar kami dapat mengakomodasi pelaku bisnis yang semakin banyak memasuki e-commerce, termasuk klien-klien yang telah mempercayai kami,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/9/2020).

Brian mengaku bahwa pendanaan Seri-B ini terjadi di momen yang tepat, karena sebagai Sirclo berada di sektor bisnis strategis untuk mencapai pertumbuhan yang lebih pesat.

Ia menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, Kominfo mencatatkan jumlah transaksi belanja online meningkat hingga 400%. Laporan e-commerce Sirclo Insights 2020 memperkirakan terdapat 12 juta pengguna e-commerce baru sejak pandemi berlangsung, dimana 40% diantaranya mengatakan akan terus mengandalkan e-commerce bahkan setelah pandemi berakhir. Brand-brand yang selama ini mengandalkan kanal penjualan tradisional pun terdorong untuk memasuki platform online agar bisa menjangkau konsumen dengan lebih baik. "Karena itu, sebagai perusahaan spesialis yang mengatur kanal penjualan online para brand, kami menjadi solusi tepat dan diperkirakan dapat meningkatkan performa bisnis di tengah pandemi," katanya.

Selama masa pandemi, perusahaan juga terus mengoperasikan fasilitas fulfillment center seperti biasa, untuk memastikan bahwa semua produk bisa terdistribusi dengan baik. Selain pembukaan fulfillment center baru, menurut Brian, pihaknya sedang berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan fitur dari Sirclo Store. Melalui peningkatan layanan ini, diharapkan Sirclo Store bisa menyediakan platform terintegrasi untuk semua platform digital yang ditawarkan Sirclo di berbagai kanal penjualan, seperti brand.com, marketplace, dan chat commerce.

Brian juga memastikan bahwa pihaknya dapat memfasilitasi seluruh proses penjualan online, mulai dari pengaturan stok, proses pemesanan, pengiriman produk, sampai layanan konsumen melalui Sirclo Commerce. "Dengan begitu, brand bisa mengandalkan Sirclo untuk menjadi solusi lengkap ketika ingin berjualan secara online, baik melalui marketplace, chat commerce seperti Whatsapp Business, ataupun website sendiri," terangnya.

Sebagai salah satu investor dalam pendanaan kali ini, Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner di East Ventures mengungkapkan, Sirclo berada pada waktu dan posisi yang tepat dalam masa pandemi ini. Dengan kemampuan yang sudah dibangun sebelum masa pandemi, Sirclo membantu akselerasi transformasi digital yang sedang terjadi di negeri ini. “Melalui pendanaan ini, kami terus meningkatkan kapabilitas dan jangkauan, agar bisa membantu semakin banyak brand di Indonesia. Kami juga optimis bahwa transaksi belanja online akan terus meningkat di masa depan, bahkan setelah pandemi berakhir,” ujar Brian. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Sirclo Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp88 Miliar. Please share...!

Back To Top