Aprindo Dukung Program Pemerintah Majukan Produk Lokal

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menjalin nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan PT Bank Negara Indonesia (Tbk) atau BNI, PT Perkebunan Nusantara (holding) dan Koperasi Pinsar Indonesia



SEMARANG (IndonesiaTerkini.com)- Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menjalin nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan PT Bank Negara Indonesia (Tbk) atau BNI, PT Perkebunan Nusantara (holding) dan Koperasi Pinsar Indonesia guna mendukung program pemerintah dalam pembiayaan, serta peningkatan daya saing dan penggunaan produk dalam negeri melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di gerai ritel modern anggota Aprindo.

Penandatanganan nota kesepakatan pertama dilakukan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan Syailendra, Direktur Hubungan Kelembagaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara PT Perkebunan Nusantara (holding) Mohammad Abdul Ghani dengan Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey. Terakhir penandantanganan MoU bersama Ketua Koperasi Pinsar Indonesia Singgih Januratmoko. Kesepakatan itu disaksikan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/10/2020).

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey mengatakan, penandantangan MoU ini merupakan komitmen berkelanjutan Aprindo mendukung produk UMKM untuk mendapatkan pembiayaan dengan skema menarik, memperluas pasar, dan menambah potensi penghasilan. Selain itu, bersimulasi meningkatkan kualitas
produk sehingga tidak hanya bersaing di domestik tetapi di pasar Internasional. "Kerja sama dengan PTPN ini merupakan kali pertama yang dilakukan Aprindo dengan PTPN dengan tujuan produk-produk hasil perkebunan rakyat yang dikelola PTPN dapat dijual di seluruh gerai ritel modern anggota Aprindo. Hal yang sama juga dilakukan Koperasi Pinsar Indonesia untuk menyalurkan produk daging ayam dan telur di seluruh gerai ritel modern anggota Aprindo," ujar Roy.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menuturkan, permasalahan yang sering dijumpai UMKM ialah pada aspek kualitas produk, modal, desain kemasan, dan pasar. "Untuk itu, pemerintah dengan dukungan pihak-pihak terkait berkomitmen membantu
menyediakan dan memperluas pasar produk UMKM dengan memberikan kemudahan pembiayaan dan pemasaran bagi UMKM,” ujar Agus.

Dia menjelaskan, poin penting nota kesepakatan dan perjanjian kerja sama tersebut mencakup koordinasi antarpihak terkait pertukaran data informasi, serta pembinaan UMKM. Selain itu, kontrak kerja sama pengadaan barang dan jasa fasilitas perhotelan dan fasilitas pembiayaan serta legalitas usaha kepada UMKM di sektor perdagangan. Melengkapi rangkaian kunjungan kerja di Semarang, Jawa Tengah, Mendag Agus dan rombongan juga sekaligus meninjau penerapan protokol kesehatan pusat perbelanjaan Hypermart di Paragon City Mall. Pada kunjungan itu, Mendag Agus menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kesehatan dan penunjangnya kepada UKM yang beroperasi di pusat perbelanjaan berupa 600 goodie bag berisi, 2 masker, 2 penutup muka,dan 1 set sarung tangan. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Aprindo Dukung Program Pemerintah Majukan Produk Lokal. Please share...!

Back To Top