Pertamina dan Pegadaian Dorong Sampah Jadi Biodisel

Pertamina dan PT Pegadaian berkolaborasi untuk merubah sampah menjadi biodisel



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pertamina dan PT Pegadaian berkolaborasi untuk merubah sampah menjadi biodisel. Kolaborasi ini juga akan menggabungkan program yang telah dimiliki Pegadaian, yakni program memilah sampah menabung emas. Kolaborasi di antara keduanya diharapkan dapat menanggulangi sampah dan pencemaran lingkungan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi.

“Pengelolan ini merupakan sinergi antar BUMN yang mengedepankan aspek inklusif dan kolaboratif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah,” kata Tajudin Noor, Corporate Secretary Pertamina (2/10/2020).

Program ini diharapkan dapat berkontribusi mendukung pemerintah dalam mencapai SDGs poin 7 energi bersih dan terjangkau, poin 8 peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, poin 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab serta pencapaian SDGS poin 17 revitalisasi kemitraan global. Masyarakat diharapkan juga akan semakin sadar bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomi, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk bisa ramah terhadap lingkungan dengan mengelola sampah.

“Bank Sampah yang menjadi binaan Pertamina, telah berhasil mengolah minyak jelantah menjadi bahan bakar biodiesel bahkan telah mendapatkan sertifikasi sehingga ini ada peluang untuk mendukung gerakan energi baru terbarukan,” kata Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina.

Ke depan, keduanya akan mulai melakukan pilot project di Kota Tarakan dan Yogyakarta. (ym)

Labels: Migas

Thanks for reading Pertamina dan Pegadaian Dorong Sampah Jadi Biodisel. Please share...!

Back To Top