Caregiver Berperan Jaga Kualitas Hidup Penderita Diabetes

Media briefing virtual Diabetasol, Selasa (3/11/2020)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Penjaga orang sakit atau yang dikenal dengan caregiver sangat berperan penting dalam menjaga kualitas hidup penderita diabetes, terutama di masa pandemi Covid-19. Sebab, caregiver juga menjadi sistem pendukung dari penderita diabetes dalam menjalani kehidupannya kesehariannya.

Ketua umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Ketut Suastika, mengatakan orang dengan penyakit penyerta seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, dan asma lebih rentan mengalami risiko komplikasi bila terinfeksi virus Covid-19. "Berdasarkan data dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, orang yang terpapar virus Covid-19 dengan kondisi penyerta penyakit diabetes, menduduki peringkat kedua terbanyak," ungkapnya di sela media briefing virtual Diabetasol, Selasa (3/11/2020).

Menurut Suastika, ketika diabetesi terkena infeksi virus, mereka akan lebih sulit diobati sebagai akibat dari fluktuasi level gula darahnya dan kemungkinan hadirnya komplikasi diabetes. Alasan mengapa ini terjadi, karena jika gula darah diabetesi tidak stabil, akan mengakibatkan imunitas tubuh menjadi lemah dan mudah terpapar virus. "Berdasarkan data, penderita diabetes dengan Covid-19 cenderung kondisinya lebih berat dan bahkan berdampak fatal. Karena itu, jika diabetes dapat dicegah, angka kematian akibat Covid-19 mungkin bisa jauh lebih rendah," tandasnya.

Presiden PB Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Terpilih 2020-2023, Sonny Wibisono, menambahkan di masa pandemi ini, peran caregiver sangat penting dalam menjaga kualitas hidup penderita diabetes. Mengingat, caregiver yang paling mengerti bagaimana menjaga pola makan hingga kondisi medis dari penderita diabetes. "Tidak hanya itu, caregiver juga menjadi orang yang paling mengetahui kondisi dari penderita diabetes tersebut. Misalnya saja pada saat kondisi penderita mengalami gula yang rendah bisa membantu penangananya adalah caregiver tersebut,” paparnya

Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition Kalbe Nutritionals, Tunghadi Indra menambahkan perlunya dibentuk komunitas masyarakat yang sadar diabetes, sehingga semakin banyak orang yang mampu menjadi caregiver diabetes. "Caregiver diharapkan memahami penyebab penyakit diabetes, gejala diabetes, jenis-jenis penyakit diabetes, cara mencegah diabetes, pemicu gula darah naik, cara menormalkan gula darah, bahkan cara mengobati diabetes,” tutupnya. (ym)

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Caregiver Berperan Jaga Kualitas Hidup Penderita Diabetes. Please share...!

Back To Top