Kinerja Ekspor Naik, Sekar Bumi Kembali Raih Primaniyarta

Direktur PT Sekar Bumi Tbk, Howard Ken Lukmito usai menerima Primaniyarta Award pada pembukaan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) ke-35 di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (10/11/2020)



SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- PT Sekar Bumi Tbk kembali menerima penghargaan Primaniyarta Award yang ke-7 dari Kementerian Perdagangan (Kemdag) atas pencapaian kinerja ekspor. Penghargaan itu diberikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto yang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Direktur PT Sekar Bumi Tbk, Howard Ken Lukmito, saat pembukaan Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition (TEI-VE) ke-35 di Ballroom Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Sekar Bumi kembali terpilih sebagai pemenang Primaniyarta Award, untuk kategori eksportir berkinerja (extraordinary performance).

Direktur PT Sekar Bumi Tbk, Howard Ken Lukmito, menyatakan penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor agar bisa menjadi tauladan bagi eksportir lain. “Penghargaan Primaniyarta yang ke-7 ini tidak hanya merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, tapi pengakuan dari Pemerintah ini juga memberikan semangat untuk dapat terus menjaga kinerja perusahaan. Kami bersyukur atas pencapaian kami di tahun ini dan berharap dapat terus menunjukkan kinerja baik sebagai eksportir berkinerja,” kata Howard, Selasa (10/11/2020).

Howard menjelaskan, kinerja Sekar Bumi selama kuartal III/2020 mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan di tengah ekonomi global yang terimbas pandemi Covid-19. Penjualan emiten yang bergerak di sektor pengolahan produk perikanan dan makanan olahan ini naik signifikan sebesar 57 persen atau dari Rp 1,4 triliun menjadi Rp 2,2 triliun untuk periode 9 bulan. “Target penjualan perusahaan sampai dengan akhir tahun ini diperkirakan dapat naik hingga lebih dari Rp 3 triliun. Meski tengah dihadapi dengan situasi pandemi saat ini, Perusahaan mampu menunjukkan kinerja yang luar biasa, salah satunya dikarenakan ada peningkatan penjualan ekspor ke pasar retail luar negeri,” jelasnya.

Howard juga memaparkan, sebelum pandemi Covid-19 melanda, perusahaan berkesempatan menerima kunjungan delegasi dari beberapa supermarket besar di Amerika Serikat (AS). Setelah melalui proses audit perusahaan pun telah dinyatakan lolos proses audit itu dan sekarang sudah menjadi salah satu dari sedikit approved supplier dari tanah air. "Pertumbuhan permintaan konsumen retail luar negeri tahun ini memang naik sangat signifikan seiring dengan adanya shifting dari sisi konsumen yang lebih memilih berbelanja di supermarket dan memasak sendiri dibandingkan makan di restoran di tengah situasi pandemi saat ini,” papar Howard.

Ditambahkan, sejalan dengan pengembangan pasar eskpor saat ini perusahaan juga tengah merencanakan proyek ekspansi pabrik pengolahan udang beku yang diharapkan dapat meningkatkan setidaknya 20 persen dari total kapasitas produksi. Selain itu, peningkatan penjualan juga diikuti dengan variasi produk makanan olahan baru yang telah diluncurkan, misalnya produk exotic torpedo shrimp, shrimp blanket, shrimp bomb, dragon foot, dan lainnya. "Pasar utama kami adalah Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Australia, dan beberapa negara di Eropa dan Asia lainnya. Ekpansi pasar terus kami lakukan. Tahun ini, produk kacang mete kami dapat juga ditemukan di supermarket di Saudi Arabia dan Papua Nugini,” terang Howard. (pr)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Kinerja Ekspor Naik, Sekar Bumi Kembali Raih Primaniyarta. Please share...!

Back To Top