CITI dan PJI Tumbuhkan Kewirausahaan Muda Berorientasi Lingkungan

Guna menumbuhkan kewirausahaan muda berorientasi lingkungan (ecopreneurship) di Indonesia, Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggagas Youth Ecopreneurship Initiative (YEI) yang memberikan manfaat kepada 8.269 pelajar SMA/SMK di lima kota besar



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Guna menumbuhkan kewirausahaan muda berorientasi lingkungan (ecopreneurship) di Indonesia, Citibank NA, Indonesia (Citi Indonesia) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggagas Youth Ecopreneurship Initiative (YEI) yang memberikan manfaat kepada 8.269 pelajar SMA/SMK di lima kota besar. Program ini telah melahirkan 25 bisnis baru ramah lingkungan yang beromzet total Rp 214 juta selama 5-7 bulan beroperasi. Generasi muda Indonesia memiliki kepedulian tinggi terhadap isu lingkungan. Studi Cambridge Global Perspective mendapati bahwa 21% pelajar Indonesia (usia 13-19 tahun) melihat polusi lingkungan, termasuk sampah plastik, merupakan permasalahan besar global. Sementara 93% pelajar Indonesia menyatakan akan mengambil aksi untuk menangani isu tersebut. Temuan World Economic Forum juga memperlihatkan perhatian positif lainnya dari generasi muda Indonesia. Mereka memiliki aspirasi besar untuk berwirausaha (35,5% rasio tertinggi dibandingkan negara-negara ASEAN).

“Citi Indonesia menggagas Youth Ecopreneurship Initiative bersama PJI untuk menjembatani tingginya kepedulian generasi muda Indonesia terhadap lingkungan dengan kian meningkatnya minat mereka untuk berwirausaha. Pemberdayaan generasi muda menjadi fokus kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia, terutama dalam ranah edukasi, literasi keuangan dan keterampilan dasar kewirausahaan. Harapan kami, program ini dapat memberi pendekatan segar kepada anak muda Indonesia untuk semakin mantap berkiprah menjadi wirausaha, yang tak hanya berorientasi kuat pengembangan bisnis, tetapi kelestarian lingkungan,” ungkap Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/12/2020).

Selama enam tahun penyelenggaraan, prakarsa kewirausahaan muda ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 55.000 pelajar dari 169 SMA/SMK di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Medan. Sementara, pada gelaran tahun ini (berlangsung Oktober 2019-November 2020), Youth Ecopreneurship Initiative mengikutsertakan pelajar dari lima kota saja (kecuali Medan). Selama program, para pelajar berkesempatan untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman bisnis secara komprehensif dengan mengoperasikan usaha mikro yang berorientasi lingkungan.

“Mendesaknya kewirausahaan ramah lingkungan memotivasi Prestasi Junior Indonesia bersama Citi Indonesia untuk menumbuhkan kapasitas kalangan muda Tanah Air. Sebab, di tangan merekalah nasib Indonesia berada, termasuk masa depan alam Nusantara yang kaya. Kami optimistis, Youth Ecopreneurship Initiative turut andil melahirkan para ecopreneur andal yang jeli menangkap peluang dan mampu mengelola usaha secara bertanggung jawab,” jelas Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner.

Untuk informasi, potensi ekonomi hijau sangatlah besar. World Economic Forum memprediksi nilainya mencapai US$ 10,1 triliun dan serapan 395 juta lapangan pekerjaan baru hingga 2030 mendatang. Peluang ini musti disambut positif oleh generasi muda Indonesia. (ym)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading CITI dan PJI Tumbuhkan Kewirausahaan Muda Berorientasi Lingkungan. Please share...!

Back To Top