Epson Kuasai Pasar Mesin Cetak Indonesia

Manajemen Epson Indonesia



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Epson Indonesia menguasai pasar mesin cetak (printer), proyektor, hingga robotika nasional. Hasil ini dicapai setelah berkiprah sepanjang 20 tahun di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara tujuan bisnis Epson. Alasannya, Indonesia adalah negara besar, baik secara geografis maupun jumlah penduduk. "Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar, terutama untuk produk teknologi informasi (TI) atau perlengkapan kantor yang sesuai dengan jajaran produk Epson," ujar Riswin Li, head of marketing Epson Indonesia, Kamis (17/12/2020).

Riswin menjelaskan, Epson memiliki strategi ciamik, sehingga inovasi produk yang dikembangkan setiap tahun bisa diterima pasar dengan baik. Strategi Epson adalah memenuhi kebutuhan pasar dan mencoba mengerti kebutuhan pasar sesungguhnya di masing-masing segmen. Dari sini, Epson berusaha mengembangkan produk yang bisa menjadi solusi untuk konsumen.“Didukung oleh tim riset dan pengembangan yang kuat, Epson dapat mengembangakan teknologi sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen," kata Riswin.

Secara garis besar, Epson Global membagi jajaran produk ke empat kategori. Pertama, inkjet innovation (printer), lalu robotic innovation, visual innovation (projector), terakhir wearable innovation, seperti jam tangan, kaca mata pintar. Saat ini, Epson Indonesia masih fokus pada kategori dengan basis produk seperti printer inkjet dan compact printer dengan inktank printer, business printer, label printer, dan POS printer. Kemudian, commercial and industry (C&I) printer/printer large format melalui photographic, corporate signage atau papan iklan, label dan textile printing. Selanjutnya, proyektor melalui business projector, interactive projector, home projector, dan robotic melalui industrial robot solution. "Semua produk line-up adalah fokus kami, itulah kenapa kami memiliki line-up yang luas untuk masing-masing produk kategori untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pasar. Target kami adalah menjadi perusahaan yang tidak tergantikan dalam memberikan solusi kepada konsumen, sesuai dengan slogan Exceed Your Vision, yaitu memberikan solusi atau manfaat melebih harapan konsumen," jelas Riswin

Dia menambahkan, berbagai tantangan yang dilewati Epson, menjadikan perusahaan semakin kuat, termasuk saat pandemi Covid-19, di mana hampir semua industri trennya mengalami penurunan. "Harus diakui kami terdampak juga dengan kondisi ini, terutama pada awal masa pandemi atau periode April-Mei 2020. Setelah periode tersebut, bisnis kami mulai kembali tumbuh, hal ini adalah imbas dari kegiatan atau komunikasi yang kami lakukan sehubungan dengan pandemi," ungkap Riswin

Dengan berbagai pengalaman dan dukungan SDM yang dimiliki, dia menyatakan, Epson beradaptasi dan melihat celah peluang yang ada. Tak patah arang dan bergantung pada kondisi, berbagai terobosan di masa pandemi dicari untuk bisa menggerakkan kembali pasar. "Kami mencoba beradaptasi, mencoba mengerti situasi dan kebutuhan apa yang mungkin terjadi dimasa pandemi. Sebagai contoh, walaupun kerja dan sekolah tatap muka tidak bisa dilakukan, karyawan dan pelajar harus tetap melakukan aktivitas dari rumah. Kami melihat ini sebagai potensi untuk memberikan solusi dari kebutuhan tersebut," kata dia.

Marketing Communication and PR Manager Epson Indonesia Nolly Dhanurendra menyatakan, untuk promosi, pihaknya tetap melakukan pada dua paltform pasar, yakni marketplace di mana Epson hadir di lima top e-commerce. Adapun untuk offline, Epson membuat terobosan dengan menggabungkan platform digital pada website untuk menghubungkan mitra ritel dengan konsumen melalui campaign roadshow online. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Epson Kuasai Pasar Mesin Cetak Indonesia. Please share...!

Back To Top