United Bike Siap Serap Komponen Produksi IKM

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih dan Direktur United Bike Henry Mulyadi



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Terang Dunia Internusa (United Bike) siap menggenjot tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sepeda, dengan menyerap komponen dari industri kecil dan menengah (IKM).

Sejalan dengan itu, United Bike meneken nota kesepahaman dan nota perjanjian kerja sama dengan PT Laksana Tekhnik Makmur. Hal ini menjadi langkah awal terciptanya sinergi antarpelaku industri lokal yang saling menopang dan diharapkan diikuti IKM. Penandatanganan MoU itu digelar berbarengan dengan forum group discussion Penguatan Peran IKM Alat Angkut dalam Industri Sepeda, Kamis (3/12/2020).

"Dengan kemitraan yang kuat, kami berhara industri besar yang memiliki teknologi maju dan akses besar mampu mentransfer kemampuan dan membuka pintu pasar bagi IKM," ujar Direktur United Bike Henry Mulyadi.

FGD itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke pabrik United Bike beberapa waktu lalu. Diskusi ini bertujuan mengakselerasi IKM dalam menjajaki potensi pemenuhan komponen sepeda maupun aksesoris sepeda yang diperlukan dan dihadiri Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih.

Menurut dia, kerja sama dengan Kemenperin menjadi tonggak baru dalam meningkatkan perekonomian negara lewat IKM, terutama yang erat kaitannya dengan industri sepeda. Dengan adanya kemitraan tersebut, diharapkan dapat memberi dampak positif bagi para pelaku industri sepeda lewat kualitas supply chain yang terjaga, kualitas kontrol yang lebih mudah, serta membantu dalam hal penyerapan tenaga kerja. "Kami sangat mengapresiasi kepedulian Kemenperin terhadap IKM yang terdampak pandemi Covid-19, sehingga mampu menginisiasi dan melahirkan sebuah program yang berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan industri di negara ini," kata dia.

United Bike, sebagai salah satu pelaku industri lokal di bidang sepeda, kata dia, berniat menggunakan komponen yang sebagian besarnya diproduksi industri lokal. Memang harapan tersebut masih memerlukan banyak usaha untuk mewujudkannya. "Namun, kami yakin, dengan dimulainya program kemitraan hari ini, bisa membuka banyak pintu kesempatan bagi para pelaku industri di Indonesia, baik industri besar maupun kecil dan menengah, untuk saling bersinergi dan saling mendukung dan menopang demi kemajuan bersama," kata dia.

Dia berharap kerja sama yang terjalin hari ini, dapat membuka peluang baru bagi para pelaku industri dalam negeri untuk menciptakan inovasi terbaik, sehingga mampu melahirkan produk anak bangsa yang mampu bersaing di pasar internasional. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading United Bike Siap Serap Komponen Produksi IKM. Please share...!

Back To Top