Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak Menyambut Finalis DSC XI

Pertemuan antara para finalis DSC XI dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, Kamis (10/12/2020), bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya



SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Program dan ekosistem wirausaha dari Wismilak Foundation, Diplomat Success Challenge (DSC) tak henti-hentinya melakukan eksplorasi untuk mengembangkan ekosistem wirausaha di Indonesia. Dalam tahun penyelenggaraannya yang ke-11, DSC telah berkolaborasi bersama berbagai pemangku kepentingan, tidak terkecuali dengan pemerintah. Salah satunya dalam DSC XI kali ini adalah kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang ditandai dengan pertemuan antara para finalis DSC XI dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, Kamis (10/12/2020), bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Adapun pertemuan tersebut adalah bagian dari rangkaian kegiatan DSC XI, untuk mengenalkan para finalis dengan beragam bidang bisnis, potensi dan kreativitasnya. Dalam sambutannya, Wagub Jatim Emil Dardak menyambut baik inisiatif Wismilak Foundation melalui gelaran DSC sembari juga berkaca pada perkembangan ekosistem Millenial Job Center (MJC) yang sedang dirintis oleh Pemprov Jatim.

"Kami sadar berbisnis itu tidak mudah, maka dari itu Pemprov Jawa Timur berusaha membuat kebijakan berdasarkan ‘business-conscious’ guna mendukung iklim investasi Jawa Timur yang lebih baik serta adanya ekosistem wirausaha yang berkesinambungan dengan kesejahteraan masyarakat sebagai prioritas utama. Hasilnya di tahun 2020, Jawa Timur berhasil mendatangkan lebih dari 40% investor. Namun, angka tersebut ternyata belum memadai untuk melahirkan cukup banyak wirausahawan baru di Jawa Timur. Selain itu, masa pandemi ternyata juga mempercepat hadirnya era gig economy di mana kini masyarakat bisa bekerja dari mana saja. Untuk itu, inisiatif Millenial Job Center kami gagas untuk dapat menjembatani para pekerja lepas yang tetap ingin memiliki waktu untuk membangun mimpinya untuk merintis bisnisnya. Bagi UMKM, mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan tenaga kerja profesional yang lebih efektif secara biaya," ujarnya.

Dengan bermunculannya pekerja lepas atau yang disebut sebagai gig workers, Emil melihat hal ini merupakan tantangan yang dapat dimanfaatkan menjadi peluang. Nantinya dalam Millenial Job Center (MJC), para gig workers tidak hanya akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan klien, mereka juga akan mendapatkan pelatihan hingga mentorship sehingga diharapkan dapat tercipta pula karakteristik seorang wirausahawan yang tangguh dan tangkas.

Wagub Emil Dardak juga mengungkapkan bahwa saat ini Jawa Timur merupakan ekonomi terbesar kedua di Indonesia. Pereknomian Jawa Timur juga menyumbang 1/6 dari GDP Indonesia, 1/4 manufaktur di tanah air ada di Jawa Timur, dan 1/5 perdagangan dari seluruh Indonesia juga ada di provinsi ini. Emil pun mengundang dengan tangan terbuka untuk semua challengers DSC, ataupun wirausahawan Indonesia lainnya untuk berkolaborasi lewat platform MJC tersebut.

Direktur Utama PT Wismilak Initimakmur Tbk, Ronald Walla juga mengungkapkan rasa syukurnya atas sambutan hangat yang diberikan oleh Pemprov Jatim. "Keluarga besar Wismilak Foundation dan DSC sangat berbangga dan berbahagia atas sambutan yang hangat ini. Terima kasih atas apresiasi Bapak Emil Dardak selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, terlebih lagi Kota Surabaya merupakan ‘rumah’ bagi Wismilak dan DSC itu sendiri, sebab di kota inilah kantor pusat Wismilak berada serta tempat lahirnya program DSC sejak tahun 2010. Kami berharap semangat wirausaha tidak akan hanya bergulir dalam penyelenggaraan DSC, namun juga dapat menginspirasi anak muda Indonesia lainnya, khususnya dalam skala Jawa Timur di mana masih terdapat banyak potensi yang harus kita gali bersama," ungkapnya. (dri)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak Menyambut Finalis DSC XI. Please share...!

Back To Top