Cerita Wastra Promosikan Kekayaan Budaya Bangsa

Puluhan desainer, model, dan pedagang lokal terlibat dalam eksotika batik madura di "Pesona Batik Wastra Nusantara" yang digelar di Kelapa Gading, sejak 25 September-6 Oktober 2019



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Dalam rangka mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya bangsa, serta membangkitkan usaha pengrajin kebaya dan wastra nusantara di masa pandemi ini, Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia bertajuk Cerita Wastra. Wastra sendiri adalah ragam kain tradisional yang sarat dengan makna budaya nusantara. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 1.600 peserta dari seluruh Indonesia, dan pada akhir Desember 2020 lalu telah dipilih 10 karya terbaik. Dalam kompetisi ini, peserta diharuskan untuk mengunggah foto di media sosial menggunakan kebaya dan kain tradisional Indonesia beserta narasinya.

“Mimpi dari kompetisi Cerita Wastra ini adalah untuk mendukung wastra yang sudah ada di Indonesia dan memang sangat kaya,” kata Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata dalam konferensi pers virtual, Rabu (6/1/2021).

Ke depan, lanjut Leonard, rencananya juga akan dibuat platform digital hingga e-commerce dalam upaya menjaga kelestarian wastra Indonesia. "Ke depannya kita akan melakukan secara rutin, mulai dari kompetisi, pengembanga komonitas, dan pastinya pengembangan aspek ekonominya atau kegiatan wastra,” kata Leonard.

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Suzana Teten Masduki juga menyampaikan, Cerita Wastra bertujuan untuk mengapresiasi dan menyemangati upaya pelestarian wastra Indonesia, sekaligus memperkenalkan kain tradisional Indonesia. “Cerita Wastra merupakan bentuk kebanggaan dari sebuah mahakarya Indonesia,” kata Suzana. (ym)

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Cerita Wastra Promosikan Kekayaan Budaya Bangsa. Please share...!

Back To Top