Di Tengah Pandemi, Alibaba Cloud Fasilitasi Percepatan Transformasi Digital di Asia

Alibaba Cloud tidak semata-mata menawarkan teknologi berbasis cloud yang penting, namun selama pandemi ini, Alibaba Cloud juga menyediakan dukungan yang lebih luas lagi atas sumber daya manusia, sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan antara ketersediaan dengan kebutuhan tenaga kerja untuk transformasi digital



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi dan inteligensi digital Alibaba Group, melanjutkan dukungannya terhadap peningkatan jumlah perusahaan-perusahaan di Asia yang tengah melakukan percepatan transformasi digital mereka guna menghadapi tantangan pandemi Covid-19.  Lebih jauh lagi, Alibaba Cloud tidak semata-mata menawarkan teknologi berbasis cloud yang penting, namun selama pandemi ini, Alibaba Cloud juga menyediakan dukungan yang lebih luas lagi atas sumber daya manusia, sebagai upaya untuk mengurangi kesenjangan antara ketersediaan dengan kebutuhan tenaga kerja untuk transformasi digital.

“Guna menjawab berbagai tantangan di masa pandemi ini, Alibaba Cloud berkomitmen untuk mendukung lebih banyak perusahaan dengan menyediakan berbagai kebutuhan transformasi digital mereka. Sepanjang tahun 2020 ini, kami mendukung pertumbuhan perusahaan-perusahaan di Asia dengan meningkatkan kemampuan digital serta memastikan kesinambungan bisnis di Kawasan Asia yang terdampak berat akibat pandemi,” ujar Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/1/2021).

"Kami percaya bahwa transformasi digital tidak hanya mengenai teknologi, namun juga merupakan persoalan sumber daya manusianya. Sejalan dengan pandangan itulah, di tahun 2021 dan seterusnya, kami akan melanjutkan kerjasama dengan berbagai universitas, inkubator, serta mitra kerja untuk menyelenggarakan lebih banyak lagi program pelatihan digital di seluruh penjuru Asia. Kami berharap dapat menyiapkan lebih banyak talenta digital yang unggul dan memiliki kemampuan dari mulai teknologi cloud, artificial intelligence, maupun data analytics, kami berharap para talenta digital ini dapat memenuhi kebutuhan transformasi digital bagi beragam jenis perusahaan di pasar Asia," lanjutnya.

Pertumbuhan transformasi digital pelanggan

Pada tahun 2020, para pelanggan dari beragam jenis industri di berbagai wilayah Asia, telah meningkatkan adopsi teknologi cloud untuk mempercepat laju transformasi digital dan efisiensi bisnis mereka, berikut beberapa diantaranya.

Investree merupakan perusahaan fintech asal Indonesia sebagai penyedia platform pinjaman (lending) B2B bagi kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan biaya infrastruktur TI serta meningkatkan pengalaman pelanggan mereka, Investree berkolaborasi dengan Alibaba Cloud dalam hal elastic computing, database, serta mengimplementasikan sistem pada Alibaba Cloud Container Service for Kubernetes, platform container berbasis cloud-native yang sesuai dengan arsitektur aplikasi layanan mikro yang kompleks.

PrestoMall, platform e-commerce terbesar asal Malaysia, telah memanfaatkan PolarDB, layanan database relasional cloud-native Alibaba Cloud, untuk mendukung pertumbuhan mereka dengan biaya yang hemat. Terbukti, perusahaan ini menghemat hingga lebih dari 40% biaya operasional setelah melakukan migrasi data. Menyusul keberhasilan migrasi database di tahun 2020, PrestoMall juga telah memindahkan seluruh sistem TI lini bisnisnya ke Alibaba Cloud.

Sepanjang tahun 2020, Enish, perusahaan gim dari Jepang, juga memanfaatkan serangkaian solusi khusus gim dari Alibaba Cloud. Mulai dari Container Service for Kubernetes, database cloud-native, log service, Server Migration Center hingga DingTalk, aplikasi yang memungkinkan komunikasi antar kantor. Hasilnya, Enish dapat mengefektifkan waktu untuk memproses data sebanyak 50% dengan meminimalisir 30% biaya server. Apabila sebelumnya untuk menguji coba sebuah gim baru membutuhkan waktu hingga 20 hari, kini, berkat dukungan teknologi Alibaba Cloud, Enish dapat melakukannya hanya dalam kurun waktu 7 hari.

Berbagai kisah sukses adopsi teknologi Alibaba Cloud dan solusi industri, juga datang dari beragam industri, mulai dari  industri hiburan hingga asuransi, termasuk Kumu, platform livestreaming dan hiburan di Filipina yang telah memanfaatkan Live Streaming Solutions persembahan Alibaba Cloud untuk menyuguhkan konten-konten yang lebih variatif serta pengalaman komunikasi yang mulus bagi para kurator dan penonton; Luen Fung Hang Insurance, pionir layanan asuransi di Makau, Tiongkok, turut memaksimalkan pelayanannya dengan solusi hybrid cloud dan keamanan dari Alibaba Cloud.

Berikut beberapa kutipan dari para pelanggan:

  • “Dengan memanfaatkan teknologi cloud-native dari Alibaba Cloud, Investree berhasil mentransformasi aplikasi monolit menjadi layanan mikro dalam waktu singkat, biaya yang efektif, serta performa yang lebih bisa diandalkan dan adaptif. Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan Alibaba Cloud dalam mengakselerasi transformasi digital di lini bisnis kami,” kata Daniel, CTO Investree.
  • Erwin Foo, Group Chief Technology Officer of PrestoMall mengatakan, mengingat platform e-commerce yang kompleks, kami membutuhkan database yang bisa diandalkan, kokoh serta terukur untuk berkembang tanpa khawatir dengan kebutuhan infrastruktur dan sumber daya. "Tak hanya memberikan solusi, Alibaba Cloud telah menjadi mitra untuk kami tumbuh bersama dalam jangka panjang," lanjutnya.
  • Kemampuan mengelola infrastruktur cloud dengan baik merupakan kunci keberhasilan bisnis kami di Asia. Ragam layanan yang disuguhkan Alibaba Cloud sungguh luar biasa dan menarik. Tim teknis yang membantu selama proses pengembangan pun patut diacungi jempol, ungkap Lin Tan, Technology Leader dari Enish.
  • Andrew Pineda, Chief Architect Kumu, mengatakan, mengutamakan pengalaman pengguna, Kumu membutuhkan layanan penyedia cloud terpercaya yang dapat mengoptimalkan layanan digital kami. Dengan kehadiran Alibaba Cloud yang unggul di Asia Pasifik serta layanan livestreaming yang telah teruji di berbagai situasi bisnis seperti livestreaming e-commerce saat Festival Belanja 11.11 berlangsung, kami yakin akan kemampuan Alibaba Cloud untuk membantu kami dalam membangun platform yang lebih kokoh guna memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para pengguna.
  • "Luen Fung Hang berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi, aman, serta terus diperbaharui bagi para pelanggan kami. Solusi Alibaba Cloud yang komprehensif serta teknologi yang mutakhir membantu kami dalam mengatasi tren pasar yang berubah-ubah. Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat memperbaharui serta mempercepat perjalanan transformasi digital kami, yang kami yakini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi seluruh pelanggan," kata Alex Leong, Department Head, Luen Fung Hang Insurance.

Komitmen kuat untuk pelatihan talenta digital

Pada tahun 2020, sebanyak 20 ribu peserta di Indonesia telah mengikuti “Digital Talent Training Program”. Di Malaysia, lebih dari sepuluh ribu spesialis TI telah mengikuti serangkaian pelatihan secara daring. Sementara di Filipina, Alibaba Cloud berencana memfasilitasi berbagai pelatihan untuk 50 ribu peserta dan memberikan sertifikasi kompetensi setidaknya bagi sepuluh ribu profesional TI dalam tiga tahun ke depan.

Pengembangan talenta digital memang telah menjadi komitmen jangka panjang Alibaba Cloud dalam berkontribusi bagi pertumbuhan bisnis serta masyarakat di manapun Alibaba Cloud beroperasi. Hal itu dapat dilihat dari berbagai inisiatif Alibaba Cloud termasuk Alibaba Cloud Academy dan Alibaba Cloud Academic Empowerment Program (AAEP). Ke depannya, Alibaba Cloud akan semakin membuka lebar peluang kemitraan dengan universitas, inkubator, maupun NGO untuk mendorong lahirnya lebih banyak tenaga kerja yang handal dalam memanfaatkan teknologi cloud dan digital. (dri)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Di Tengah Pandemi, Alibaba Cloud Fasilitasi Percepatan Transformasi Digital di Asia. Please share...!

Back To Top