Perusahaan Mainan Asal Hong Kong di Kendal Ekspor Perdana ke AS

PT Masterkidz Indonesia, perusahaan mainan asal Hong Kong di Kawasan Industri Kendal (KIK) melakukan ekspor perdana



KENDAL (IndonesiaTerkini.com)- PT Master Kidz Indonesia, perusahaan mainan asal Hong Kong yang resmi beroperasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah pada Desember 2020 melakukan ekspor perdana ke Amerika Serikat (AS) melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

“Ini merupakan investasi perdana kami di Indonesia," kata Presiden Direktur, PT Masterkidz Indonesia Andy Chan dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (7/1/2021).

Dia mengungkapkan, perusahaan melihat besarnya peluang ekonomi di Jawa Tengah. Selain itu, KIK juga mendukung perusahaan mulai proses perizinan sampai dapat beroperasi dan memulai ekspor. PT Master Kidz Indonesia menggelontorkan US$ 9,28 juta untuk membangun pabrik di Indonesia yang konstruksinya dimulai sejak Oktober 2019. Perusahaan kini telah memasarkan produknya berupa mainan dari bahan kayu seperti mainan tematik untuk pendidikan, mobil-mobilan, hingga puzzle.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Semarang Sucipto menuturkan bahwa status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) memberi keuntungan bagi tenant terutama dalam bidang ekspor impor. “Sebagai KEK dan didukung kantor administrator di Kawasan Industri Kendal, perusahaan bisa mendapatkan bantuan dalam urusan perpajakan, impor, ekspor. "Ada insentif tax holiday, VAT dan import duty,” ujar Sucipto.

Sementara perwakilan Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Amin Tri Sobri mengatakan, status Kawasan Industri Kendal yang kini telah berubah menjadi KEK diharapkan membantu pertumbuhan ekspor di Jawa Tengah.

General Manager PT Masker Kidz Indonesia Dany Wong mengapresiasi Kementerian Perdagangan karena certificate of origin dapat keluar tepat waktu sehingga bisa mendukung ekspor perdana ke AS. Kawasan Industri Kendal berjarak 25 km ke Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kawasan industri juga berdekatan dengan pintu Tol Kaliwungu, atau 5 km Hal ini memudahkan jalur logistik baik ke Jawa Timur maupun Jawa Barat. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Perusahaan Mainan Asal Hong Kong di Kendal Ekspor Perdana ke AS. Please share...!

Back To Top