Minat Bersekolah di Perguruan Tinggi Pariwisata Terus Meningkat

Peluncuran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) di Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/2/2021)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Wakil Ketua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) menilai minat anak muda Indonesia untuk bersekolah di Perguruan Tinggi Pariwisata melalui jalur Penerimaan Bersama makin meningkat.

"Melihat data dua tahun terakhir, terjadi peningkatan. Tercatat dari 2019 terdapat peminat sebanyak 10.119 orang, yang meningkat menjadi 11.794 peminat pada 2020," katanya saat peluncuran SBMPTNP di Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/2/2021).

"Tidak dapat dimungkiri pelaksanaan SBMPTNP pada tahun ini memiliki tantangan yang berbeda dikarenakan pandemi Covid-19 yang menyebabkan panitia harus memikirkan cara yang efektif dan sesuai dengan kondisi terkini," kata Faisal.

Setelah pendaftaran, proses seleksi mahasiswa baru direncanakan akan dilakukan secara offline pada 3 Juni hingga 13 Juli 2021 dengan dua tahap pelaksanaan. Pertama, ujian bahasa Inggris dan ujian psikotes. Kedua, ujian wawancara dan tes kesehatan mandiri. "Pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang kepariwisataan harus terencana baik input maupun dari segi proses. Untuk menghasilkan input yang baik maka harus dilakukan proses sesuai dan tahapan dalam menentukan calon-calon yang akan dididik menjadi sumber daya manusia yang unggul di bidang kepariwisataan," urai Faisal.

SBMPTNP berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf/Baparekraf). Seleksi dilakukan secara bersama dan terintegrasi antara Politeknik Pariwisata Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Faisal yang juga sebagai Ketua Sekolah Tinggi Pariwsata (STP) NHI Bandung menjelaskan proses pendaftaran dilakukan hanya satu kali secara bersama dan online yang dimulai pada 1 Februari sampai 27 Mei 2021. Jumlah target penerimaan sebanyak 3.145 mahasiswa baru yang terdiri dari STP NHI Bandung sebanyak 650, Politeknik Pariwisata Bali sebanyak 660, Politeknik Pariwisata Medan sebanyak 560, Politeknik Pariwisata Makassar sebanyak 650, Politeknik Pariwisata Palembang sebanyak 300, dan Politeknik Pariwisata Lombok sebanyak 325. Jurusan yang dibuka adalah Perhotelan Kepariwisataan dan Perjalanan yang terdiri dari 47 program studi Diploma 3, Diploma 4, dan pascasarjana. (sd)

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Minat Bersekolah di Perguruan Tinggi Pariwisata Terus Meningkat. Please share...!

Back To Top