Alibaba Cloud Komitmen Dukung Kesuksesan Kartu Prakerja

Logo Alibaba Cloud



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Alibaba Cloud berkomitmen mendukung pelatihan talenta digital di Indonesia. Perusahaan penyedia solusi komputasi awan atau cloud ini, memberikan dukungan infrastruktur digital untuk program Kartu Prakerja.

General Manager Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen, mengatakan, permasalahan utama di pasar tenaga kerja di Indonesia yaitu kesenjangan antara kecakapan yang dimiliki para pencari kerja dengan kecakapan yang dibutuhkan oleh industri. "Menghadapi tantangan yang diakibatkan oleh pandemi, kami merasa terhormat dapat memberikan dukungan teknologi kami kepada pemerintah Indonesia untuk program yang sangat bermanfaat ini. Melalui solusi cloud dan teknologi digital yang kuat, jutaan orang Indonesia dapat mengakses situs program Prakerja dengan lancar selama setahun terakhir,” kata Leon Chen dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/2021).

Dalam mewujudkan program ini, Alibaba Cloud akan memanfaatkan teknologi cloud-native Alibaba Cloud, seperti AnalyticDB, Data Lake Analytics (DLA) dan Alibaba Cloud Container for Kubernetes. Selain itu, Alibaba Cloud juga mendukung dari sisi kemampuan autoscaling, sistem keamanan dan jaringan yang tangguh. Alibaba Cloud sendiri telah mendukung program kartu prakerja di Indonesia sejak 2020. Untuk mendukung program ini, Alibaba Cloud menggandeng 165 lembaga pelatihan, 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 4 institusi pendidikan, dan 3 portal pekerjaan, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap program Kartu Prakerja dapat terus meningkat di tahun 2021.

Direktur Eksekutif Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengungkapkan, program Kartu Prakerja membangun ekosistem yang sepenuhnya digital agar setiap orang bisa mendapatkan akses pelatihan untuk menambah keterampilan mereka, atau memperkuat kemampuan yang sudah mereka miliki sebelumnya. "Dengan demikian, angkatan kerja yang berada di daerah terpencil pun dapat mendapatkan pelatihan yang sama dengan penduduk di kota besar. Kami menggandeng platform digital yang menawarkan pelatihan dari Lembaga Pelatihan di marketplace mereka,” ujar Denni.

Denni menambahkan, satu tahun sejak diluncurkannya Kartu Prakerja, sudah ada lebih dari 7,9 juta orang di 34 provinsi yang telah menerima dana pelatihan dan insentif tunai yang digunakan untuk peningkatan kecakapan dan pelatihan digital di 1.700 bidang pekerjaan. (dri)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Alibaba Cloud Komitmen Dukung Kesuksesan Kartu Prakerja. Please share...!

Back To Top