Mayoritas Penjual di Tokopedia Alami Kenaikan Volume Penjualan 133%

Tokopedia menggelar diskusi virtual bertajuk “Bertahan, Bangkit dan Tumbuhnya UMKM di Tengah Pandemi Melalui Adopsi Digital”, Rabu, 24 Maret 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 mencatat, 7 dari 10 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%. Riset tersebut mengungkapkan, tiga provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia, yaitu Nusa Tenggara Barat (144,6%), Sulawesi Tengah (73,4%) dan Sulawesi Selatan (73,3%). Sementara tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2%), Yogyakarta (42,2%) dan DKI Jakarta (28,3%).

"Sebesar 68,6% penjual yang bergabung dengan Tokopedia pada saat pandemi merupakan pencari nafkah tunggal di keluarga,” kata Kepala LPEM FEB UI, Riatu Mariatul Qibthiyyah saat memaparkan hasil survei tersebut secara virtual, Rabu (23/3/2021).

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, pandemi memang telah mempercepat transformasi digital di berbagai sektor. Digitalisasi dan teknologi bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan untuk menjawab tantangan pandemi. “Tokopedia berkomitmen untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian hingga menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi, khususnya di tengah pandemi,” kata Astri.

Dari data internal Tokopedia, Astri mengungkapkan, terdapat peningkatan jumlah seller atau penjual dari 7,2 juta sebelum pandemi pada Januari 2020 lalu menjadi lebih dari 10 juta penjual pada saat ini. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Mayoritas Penjual di Tokopedia Alami Kenaikan Volume Penjualan 133%. Please share...!

Back To Top