Budayakan Games Tradisional, Memiles Luncurkan MeGames

PT Aku Cinta Memiles (PT ACM) meluncurkan meGames, Minggu (18/4/2021)



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Permainan tradisional Indonesia semakin tersisih dengan kemajuan teknologi. Anak-anak bangsa semakin terlena dengan permainan yang terdapat dalam gawai mereka. Atas kondisi yang memprihatinkan tersebut, aplikator PT Aku Cinta Memiles (PT ACM) meluncurkan meGames, Minggu (18/4/2021).

Tak hanya membudayakan kembali permainan tradisional, meGames juga sekaligus sebagai upaya membantu usaha kecil menengah dan mikro (UMKM).

Kamal Tarachan, founder meGames dan CEO Memiles mengatakan, meGames dirancang atas kegelisahannya melihat semakin hilangnya permainan tradisional dengan masuknya dunia digital. Untuk itu, kata Kamal, pihaknya ingin terus melestarikan dan mengenalkan permainan tradisional kepada generasi muda. "Sekarang di era digital ini lama-lama games tradisional sudah menghilang semuanya. Jadi betul-betul ekstrem. Dari situ saya lihat sangat sayang sekali di mana yang tradisional harusnya dibawakan terus, dimainkan oleh seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu jadi saya keluarkan meGames itu adalah kenapa tidak kita bikin tradisional games untuk masuk ke era digital. Di era digital kita bisa mainkan lagi, kita bisa mengingat games tradisional yang pernah kita main dan jalankan," kata Kamal saat peluncuran meGames di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Saat ini, kata Kamal, pihaknya telah mematenkan sekitar 2.000 permainan tradisional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Secara bertahap, pihaknya akan mengembangkan agar ribuan permainan tradisional itu dapat dimainkan di meGames. "Keseluruhannya 2.000 tradisional games itu dari Sabang sampai Merauke, games-games tersebut yang sekarang kita lagi develop terus. Kita harap dalam setahun, 2.000 games semuanya akan jalan semuanya di aplikasi digital tersebut," katanya.

Tak hanya melestarikan permainan tradisional, melalui meGames, PT ACM juga berupaya membantu para UMKM. Dikatakan, UMKM dapat memasang iklan di setiap permainan yang terdapat dalam meGames. "UMKM bisa memasang iklan di games-games tersebut. Sewaktu-waktu jadi trending, mereka punya merek-merek dan mendorong penjualan-penjualan mereka juga," katanya.

Dikatakan, pihaknya juga mengajak unsur pemerintah untuk membantu mendorong para UMKM. Dikatakan, dengan sinergitas tersebut para UMKM diharapkan tidak hanya berkembang di dalam negeri, tetapi juga hingga mancanegara. "Bukan hanya lokal tapi nanti juga akan jadi go international," katanya.

Salah seorang Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Marlinda Irwanti mengapresiasi peluncuran meGames yang memperlihatkan dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia. Menurutnya, saat ini games yang saat ini tersebar di berbagai platform digital belum ada yang mendorong agar generasi muda mencintai budaya sendiri. Padahal dengan mencintai budaya sebenarnya bisa membentuk karakter yang baik bagi generasi muda. "Kita prihatin juga melihat perkembangan yang ada sekarang bahwa ternyata sendi-sendi karakter-karakter kehidupan khususnya anak muda kita kan mengalami degradasi dengan adanya budaya-budaya barat. Tentu saja dengan meGames yang aplikasi ini memperlihatkan keindahan budaya bangsa Indonesia yang ada di 34 provinsi. Ada permainan-permainan yang tentu saja permainan-permainan ini sudah sangat lama dan hilang ya dari budaya kita," katanya.

Marlinda berharap aplikasi meGames dapat meningkatkan kecintaan generasi muda pada budaya bangsa Indonesia. Hal ini sejalan dengan UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang turut dibentuk Marlinda selaku anggota DPR periode 2014-2019. "Jadi saya mengapresiasi dan selaku anggota DPR 2014-2019 yang membuat Undang-undang Pemajuan Kebudayaan, meGames aplikasi ini bisa menjadi sebuah usaha bagaimana teknologi digital bisa meningkatkan kecintaan budaya Indonesia," katanya.

Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI), Tb. Rahmad Sukendar berharap kehadiran meGames dapat membangkitkan kesadaran bangsa terhadap kebhinekatunggalikaan dan rasa nasionalisme. Hal ini lantaran permainan-permainan yang dihadirkan meGames merupakan permainan Nusantara. "Jadi selain memberikan edukasi dan liburan juga membangkitkan rasa nasionalisme kepada generasi muda kita untuk cinta dan lebih menghargai budaya Nusantara," katanya. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Budayakan Games Tradisional, Memiles Luncurkan MeGames. Please share...!

Back To Top