Gojek Gandeng Telkom-ITDRI Kembangkan Startup di Indonesia

Peluncuran Muda Maju Bersama ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Gojek dan Telkom yang dilakukan oleh VP Strategic Regional Gojek Indonesia Timur Anandita Danaatmadja bersama SGM Telkom Corporate University yang juga menjadi Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido, Kamis, 15 April 2021



JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Gojek bersama Telkom Indonesia melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) meluncurkan program Muda Maju Bersama. Program akselerasi ini bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan startup di Indonesia Timur sehingga mampu bertumbuh secara pesat dan menciptakan dampak sosial positif yang lebih luas. Peluncuran ini ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Gojek dan Telkom yang dilakukan oleh VP Strategic Regional Gojek Indonesia Timur Anandita Danaatmadja bersama SGM Telkom Corporate University yang juga menjadi Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido dengan wilayah program yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

"Melalui program Muda Maju Bersama yang berkolaborasi dengan Telkom-ITDRI inilah akan banyak tercipta inovasi solusi nyata bagi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat," kata Anindita, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (15/4/2021).

Sementara itu, menurut Jemy, startup adalah wadah berinovasi dalam bentuk adopsi dan pengembangan teknologi, yang melalui perjuangan membisniskan inovasi tersebut maka para talentanya berkembang secara signifikan. “Tidak hanya pendampingan kepada para talenta Timur Indonesia, melalui program ini, kami juga membuka kolaborasi seluas-luasnya antara ITDRI dengan jaringan kerja di Timur Indonesia, baik kampus, lembaga pemerintah, maupun komunitas, untuk bisa terkoneksi dengan jaringan kerja BUMN yang kami miliki,” ujar Jemy.

Rijanto Utomo EVP Telkom Regional VI dan Regional Leader Telkom Regional VI ITDRI (Kalimantan) menjelaskan program 1.000 Startup akan dimulai dari penjelasan dan kampanye oleh Gojek, informasi serta registrasi awal dilakukan melalui Gojek dan bisa jadi akan ada beberapa aktivitas pendukung melalui ITDRI dan jaringan kerjanya. "Peserta bisa individu maupun sudah berupa tim, walaupun tahap awal adalah per individu. Selama 3 bulan ini, peserta diberi kesempatan belajar dan tips-tips membangun startup, untuk kemudian membentuk tim jika belum memilikinya dan mengusulkan ide inovasi final," kata Rijanto.

Harapannya, lanjut Rijanto, 1.000 startup terpilih akan mengikuti pengembangan lebih lanjut atas ide inovasinya selama 3 bulan, dan dieliminasi hingga 100 startup yang akan dimediasikan kepada para investor (demo day). Enam bulan pendampingan dan demo day akan diselenggarakan oleh ITDRI. “Nantinya, startup yang paling progresif akan dimediasi untuk pitching ke investor potensial, baik dari kalangan venture capital, corporate venture capital dan korporasi-korporasi setidaknya dari kalangan BUMN. Setidak-tidaknya, startup terpilih akan mendapatkan bantuan permodalan sebesar Rp 200.000.000 untuk pengembangan dan validasi MVP (minimum viable product) dari inovasinya,” ujar Jemy. (ym)

Labels: IPTEK

Thanks for reading Gojek Gandeng Telkom-ITDRI Kembangkan Startup di Indonesia. Please share...!

Back To Top