Smesco Indonesia Gandeng UMKM Gelorakan Gerakan 'Bangga Buatan Indonesia'

Penandatanganan kerja sama penyerapan produk UMKM antara Smesco Indonesia dan Accor Group Hotel Indonesia, Sabtu, 3 April 2021



BANDUNG (IndonesiaTerkini.com)- Smesco Indonesia mendukung arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk mencintai dan membeli produk UMKM lokal melalui Gerakan Nasional "Bangga Buatan Indonesia”. Dalam mengimplementasikan program tersebut, Smesco Indonesia siap menyukseskan dan memeriahkan acara Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) yang akan dilaksanakan selama bulan April 2021.

Smesco Indonesia dengan menjemput bola dan menyiapkan sistem kerja sama onboarding market bagi UKM produsen dibidang produk perhotelan melalui kolaborasi antara pemerintah, industri nasional pariwisata khususnya perhotelan dan pelaku UKM. Kerja sama nyata tersebut diimplementasikan dengan membangun infrastruktur rantai pasok pelaku UKM ke dalam zona bisnis nasional perhotelan diantaranya dengan menjadikan UKM sebagai pemasok produk hospitality. Kerja nyata tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Smesco Indonesia dengan Accors Hotel Group Indonesia di IBIS Bandung Trans Studio.

"Saat ini Smesco Indonesia telah melakukan kurasi bersama produk UKM jenis kebutuhan resto, bedroom, bathroom, toiletries, amenities, home dekor, household serta Minibar. Produk UKM yang telah terseleksi ini akan mengisi kebutuhan Hotel Grup Indonesia yang berjumlah 150 hotel di seluruh Indonesia," ungkap Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama Smesco Indonesia, Selasa (6/4/2021).

Ditambahkannya, melalui kerja sama ini, harapannya produk UKM juga dapat berperan untuk hotel-hotel yang akan dibangun di beberapa wilayah di Indonesia diantaranya Jawa Timur dan Banten. Kurasi sudah akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk ukm sudah bisa digunakan. "Proses informasi kerja sama Smesco melalui Dinas Koperasi & UKM di seluruh Indonesia yang penyebaran informasinya disosialisasikan melalui medsos dan proses pendaftaran melalui link secara online. Hingga kini antusias UKM untuk berpartisipasi sangat bagus, terdaftar lebih dari 600 UKM yang memiliki produk unggulan dibidang industri hotel. Smesco Indonesia memperluas infrastruktur jaringan rantai pasok nasional produk industri besar di Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan sebagai salah satu unit usaha Media Group Hospitality," tambahnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari mengatakan postur UMKM ini 99% dari pelaku ekonomi di Indonesia, berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja 98%, dan kontribusi pada PDB 60%. Saat pandemi ini betul-betul terdampak. Salah satunya terkait pembatasan mobilitas karena UMKM baru 8 juta unit usaha yang masuk ke ekosistem digital. "Dipilihnya UKM Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi pilot project penyertaan UKM masuk ke dalam rantai pasok industri perhotelan nasional tak lain karena Jabar selama ini merupakan trendsetter produk-produk lokal unggulan di Indonesia, terdapat 15.000 UKM Jawa Barat aktif terbesar dalam berbagai klaster produk. Dengan kerja sama ini diharapkan akan mampu menambah semangat para pelaku UMKM di Indonesia khususnya yang berada di wilayah Jawa Barat untuk terus berproduksi dan bersama pemerintah menggelorakan gerakan 'Bangga Buatan Indonesia'," tandasnya. (sd)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading Smesco Indonesia Gandeng UMKM Gelorakan Gerakan 'Bangga Buatan Indonesia'. Please share...!

Back To Top